Memahami Kerangka Berpikir yang Bermanfaat dalam Penelitian

Destiara Anggita Putri
16 Desember 2022, 14:27
Kerangka Berpikir
Unsplash
Ilustrasi, menyusun kerangka berpikir.

Dalam penelitian untuk menulis karya ilmiah, terdapat istilah bernama kerangka berpikir. Mengutip Sampoerna University, kerangka berpikir adalah suatu dasar pemikiran yang mencakup penggabungan antara teori, fakta, observasi, serta kajian pustaka, yang nantinya dijadikan landasan dalam melakukan menulis karya tulis ilmiah. 

Pada umumnya, kerangka berpikir disajikan dalam bentuk visual berupa bagan atau diagram yang menunjukkan bagian bagian penting dalam penelitian. Bila Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Kerangka Berpikir Menurut Ahli

Kerangka berpikir memiliki pengertian yang bervariasi. Berikut ini pengertian kerangka berpikir yang dipaparkan oleh ahli untuk meningkatkan pemahaman Anda.

1. Sugiyono

Sugiyono mengatakan bahwa kerangka berpikir adalah suatu model konseptual yang digunakan sebagai landasan teori yang terkait dengan faktor-faktor dalam penelitian. 

Menurutnya, suatu penelitian membutuhkan kerangka berpikir agar bisa menjelaskan secara teoritis, dan dapat menjelaskan alasan adanya hubungan antara variabel. 

2. Sapto Haryoko

Menurut Sapto Haryoko, kerangka berpikir adalah suatu  penelitian yang menggunakan dua variabel atau lebih dalam prakteknya. Sehingga kerangka berpikir itu berisi mengenai variabel-variabel yang akan dibahas di dalam penelitian. Variabel iu lantas dijelaskan di dalam tulisan.

Manfaat Kerangka Berpikir 

Kerangka berpikir memiliki manfaat di dalam sebuah penelitian. Berikut ini beberapa diantaranya.

  • Membantu peneliti untuk menguji rumusan masalah dalam penelitian sehingga lebih mudah untuk diambil kesimpulanya.
  • Memberikan batasan terhadap penelitian
  • Membantu peneliti untuk mendapatkan suatu konsep yang digunakan untuk menjelaskan setiap maslahah dalam penelitian
  • Menghubungkan setiap bagian pada penelitian
  • Karya ilmiah mudah diperukasa karena gambaran dari penelitian sudah dijelakan  
  • Pembaca lebih mudah untuk memahami isi dari karya tulis ilmiah
  • Memberikan gambaran kepada pembaca terkait metode-metode yang digunakan

Macam Macam Kerangka Berpikir 

Kerangka berpikir terbagi menjadi tiga jenis yaitu kerangka teoritis, operasional, dan konseptual. Simak pembahasan masing-masing jenisnya di bawah ini. 

1. Kerangka Teoritis

Kerangka teoritis adalah jenis kerangka yang digunakan  untuk menegaskan atau menguraikan teori yang digunakan sebagai dasar untuk menjelaskan fenomena atau peristiwa yang sedang diteliti.

2. Kerangka Operasional

Kerangka operasional adalah jenis kerangka yang diguana untuk menjelaskan variabel yang diangkat sesuai dengan topik atau konsep yang diteliti. Umumnya jenis kerangka ini digunakan untuk memaparkan hubungan antar variabel

3. Kerangka Konseptual

Kerangka konseptual adalah jenis kerangka yang digunakan untuk menjelaskan alur pemikiran yang terhubung antara konsep satu dengan yang lainnya. 

Tidak hanya itu, kerangka konseptual juga bertujuan untuk memberikan gambaran berupa asumsi yang terkait dengan variabel-arial yang akan diteliti nantinya. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement