4 Cara Menghapus Kontak di iPhone dengan Mudah

Kontak yang tidak digunakan lagi kerap kali hanya memenuhi memori. Solusi yang dapat diterapkan adalah menghapusnya. Berikut 4 cara menghapus kontak di iPhone, yang dapat menjadi panduan.
Annisa Fianni Sisma
17 Oktober 2022, 12:23
cara menghapus kontak di iPhone.
https://www.apple.com/id/iphone-14-pro/
Ilustrasi, iPhone 14.

Kontak yang tidak digunakan lagi kerap kali hanya memenuhi memori. Solusi yang dapat diterapkan adalah menghapusnya. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara menghapus kontak di iPhone bagi pengguna produk Apple yang fenomenal ini.

Kontak nomor menjadi salah satu penyebab penuhnya memori penyimpanan. Ini bisa menjadi masalah, karena jika dibersihkan secara berkala, maka akan terdapat cukup ruang untuk hal penting lainnya.

Menghapus kontak di iphone menjadi salah satu solusi yang dilakukan dengan mudah dan cepat. Pengguna cukup mengunjungi iCloud.com untuk melakukannya. Terdapat berbagai cara menghapus kontak di iPhone yakni dalam jumlah banyak sekaligus, satu per satu, atau melalui email yang terhubung, atau melalui Suggest Contact.

Meski demikian, menghapus kontak melalui iCloud.com, merupakan cara yang paling umum.

Advertisement

1. Cara Menghapus Kontak di iPhone dengan iCloud

Namun, ketentuan yang harus diketahui adalah saat pengguna menghapus kontak, kontak akan terhapus juga di setiap perangkat dengan Contacts yang dihidupkan di iCloud Settings. Berikut cara menghapus kontak di iPhone dengan iCloud.com, dilansir dari support.apple.com.

  • Pada Contacts di iCloud.com, klik 'All Contacts' group di sidebar. Kemudian klik pilih kontak yang ingin dihapuskan.
  • Klik tombol 'Delete',  maka kontak yang dimaksud pun akan terhapus.

2. Cara Menghapus Kontak di iPhone dengan iCloud Terkait Kontak dari Grup

Selain menghapus kontak yang dipilih, iCloud juga bisa digunakan untuk menghapurs kontak dari grup. Sebelum mengetahui bagaimana cara menghapus kontak di iPhone terkait kontak dari grup, berikut ini penjelasan singkat tentang membuat dan mengelola contacts group di iCloud.com.

Untuk membuat "Grup Kontak", pengguna masuk ke iCloud.com dan klik tanda "+" dan memilih grup baru. Grup tersebut akan ditambahkan beserta nama placeholder. Setelah itu, tekan "Enter". Jika ingin mengubah nama grup, ketik nama baru pada bidang teks.

Kemudian, pengguna bisa menambahkan satu atau beberapa kontak ke grup. Lalu, pada opsi kontak di iCloud.com, klik semua kontak atau pilih salah satu kontak. Tarik satu atau beberapa kontak tersebut ke grup lain di sebelah kiri.

Untuk menghapus kontak dari grup menggunakan iCloud.com, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Klik Kontak pada iCloud.com dan klik semua kontak.
  • Klik grup atau kontak yang akan dihapus.
  • Hapus kontak tersebut.

Sebagai informasi, kontak yang terhapus hanya yang berada dalam grup tersebut. Namun, kontak yang dihapus akan ada di menu "Semua Kontak".

3. Cara Menghapus Kontak di iPhone Menggunakan Smart Cleaner

Kontak di iPhone dapat dihapus secara bersamaan. Namun cara ini memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga. Apple tidak menyediakan fitur ini, tetapi aplikasi ini dapat diunduh di AppStore.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan yakni Smart Cleaner. Berikut tahapannya:

  • Download aplikasi Smart Cleaner.
  • Buka aplikasi dan berikan izin sinkronisasi aplikasi.
  • Pilih "Menu Kontak" di halaman beranda di bagian kiri bawah foto.
  • Masuk ke 'Organize Contacts' dan pilih 'Contacts' di menu paling atas.
  • Kemudian akan muncul menu 'Contacts' dan pilih edit di bagian kanan atas.
  • Pilih nama kontak yang ingin dihapus oleh pengguna.
  • Muncul kolom konfirmasi penghapusan kontak.
  • Penghapusan kontak pun berhasil dilakukan

4. Cara Menghapus Kontak di iPhone Melalui E-Mail yang Terhubung

Cara ini dapat dilakukan bagi pengguna yang telah melakukan sinkronisasi kontak ke email. Penghapusan kontak pun dapat dilakukan dengan mudah.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah kontak akan benar-benar terhapus dan tidak dapat dipulihkan kembali jika cara ini diterapkan. Jadi pastikan berhati-hati saat melakukan penghentian sinkronisasi.

Berikut ini cara menghapus kontak di iPhone melalui e-mail yang terhubung:

  • Masuk ke pengaturan pada iPhone.
  • Pilih opsi kontak.
  • Pilih akun dan pilih e-mail yang ingin dimatikan sinkronisasinya.
  • Geser toggle kontak pada posisi off sehingga tidak akan melakukan sinkronisasi.
  • Toggle yang awalnya berwarna hijau pun akan berubah menjadi abu-abu. Kontak tidak lagi terhubung dengan e-mail dan akan terhapuskan. Kontak yang sebelumnya pun hilang.

5. Cara Menghapus Kontak di iPhone dengan Suggest Contact

Melalui "Suggest Contact", sejatinya pengguna iPhone tidak benar-benar menghapus kontak yang telah disimpan. Melainkan, membuat kontak yang dimaksud menjadi non-aktif.

Dengan menerapkan pengaturan ini, pengguna tidak akan lagi melihat kontak yang terhubung di sejumlah aplikasi. Sehingga, bisa dikatakan cara ini termasuk dalam cara menghapus kontak di iPhone.

Adapun, tahapan yang harus dilakukan untuk menghapus kontak di iPhone melalui "Suggest Contact", adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke pengaturan ponsel.
  • Geser hingga menemukan opsi 'Kontak'.
  • Geser toggle 'Contacts Found in Apps' menjadi off
  • Suggest Contact pun berhasil dilakukan.

Sebagai informasi, jika ada kontak yang terhapus secara tidak sengaja, maka pengguna iPhone dapat memulihkannya melalui iCloud.com. Caranya, adalah dengan membuka 'Pengaturan Akun', klik 'Pulihkan Kontak' di bagian Lanjutan. Masukkan tanggal dan waktu pengarsipan dan klik 'Pulihkan'.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait