Menilik 14 Kandungan Gizi Pisang serta Manfaatnya untuk Kesehatan

Pisang mengandung beerbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini 14 kandungan gizi pisang serta manfaatnya.
Image title
10 Januari 2023, 13:09
Kandungan Gizi Pisang
Unsplash
Ilustrasi, buah pisang.

Pisang merupakan salah satu buah yang popularitasnya cukup tinggi, karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Buah ini pun cukup mudah ditemukan di pasaran serta memiliki harga yang terjangkau.

Selain rasanya yang enak, tanaman yang tumbuh subur di iklim tropis basah, lembab dan panas ini kaya akan mineral kalium dan serat pektin. Mengutip data US Department of Agriculture (USDA), pada satu buah pisang berukuran sedang, yakni 18-20 cm mengandung berbagai zat dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Lalu, apa saja kandungan gizi pisang? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Kandungan Gizi Pisang
Kandungan Gizi Pisang (Unsplash)



Pisang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini kandungan gizi yang terkandung dalam setiap 100 gram pisang.

  • Air sebanyak 67,8 gram
  • Protein sebesar 0,8 gram
  • Lemak sebesar 0,5 gram
  • Energi sebanyak 128 gram
  • Karbohidrat sebanyak 30,2 gram
  • Serat sekitar 8,1 gram
  • Kalium sekitar 382 miligram
  • Fosfor sebanyak 28 miligram
  • Kalsium sebesar 12 miligram
  • Natrium sekitar 3 miligram
  • Zat besi sekitar 1 miligram
  • Vitamin A sebesar 146 IU
  • Vitamin B1 sebesar 0,08 IU
  • Vitamin C sekitar 3 miligram

Selain nutrisi di atas, pisang juga mengandung berbagai mineral seperti beta karoten, vitamin B kompleks, dan niasin

Manfaat Pisang

Pisang merupakan salah satu buah favorit karena mengandung berbagai nutri penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini enam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah ini. 

1. Baik untuk Pencernaan

Salah satu manfaat pisang yang cukup populer adalah untuk melancarkan pencernaan. Buah ini biasanya menjadi andalan bagi seseorang yang mengalami sembelit, flu perut atau keracunan makanan.

Hal ini dikarenakan pisang kaya akan serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan memadatkan feses. Dengan demikian, buah ini juga dapat membantu meredakan diare.

Pisang juga memiliki tekstur yang lembut sehingga buah ini bisa dengan mudah melewati saluran pencernaan. Kandungan lain pada buah ini adalah kalium yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh.

Mengkonsumsi buah pisang juga baik untuk ibu hamil. Pasalnya pisang kaya akan kandungan vitamin B6 yang dapat mengurangi masalah morning sickness seperti mual dan muntah selama kehamilan.  

2. Mengontrol Tekanan Darah

Pisang mengandung kalium yang cukup tinggi untuk memantu menurunkan tekanan darah serta menggantikan elektrolit yang hilang. Karena manfaatnya ini, penderita hipertensi atau tekanan darah ini dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini.

Anjuran ini juga disampaikan oleh American Heart Association (AHA). Hal ini dikarenakan kalium pada pisang berperan untuk menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Namun manfaat ini akan bekerja secara efektif bila Anda mengurangi makanan yang banyak mengandung garam dan lemak. Oleh karena itu, selain makan buah ini, Anda sebaiknya juga perlu menerapkan pola makanan sehat  yang kaya nutrisi.

Kandungan Gizi Pisang
Kandungan Gizi Pisang (Unsplash)

3. Menurunkan Risiko Stroke

Kandungan kalium pada pisang ternyata juga dapat membantu menurunkan resiko stroke. Manfaat ini sangat baik terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause.

Hal ini pun telah dibuktikan dalam sebuah penelitian. Studi ini menemukan bahwa wanita pasca menopause yang rutin mengkonsumsi makanan tinggi kalium memiliki resiko lebih rendah terkena stroke dibandingkan mereka yang tidak megasonum makanan berkalium sama sekali

4. Meningkatkan Stamina untuk Olahraga

Ketika berolahraga, kebanyakan orang minum minuman olahraga untuk membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun, jenis minuman ini mengandung gula dan bahan buatan yang justru bisa membahayakan kesehatan.

Bila Anda juga suka minuman ini, Anda sebaiknya segera menggantinya dengan mengkonsumsi buah pisang sebelum berolahraga. Hal ini dikarenakan, berdasarkan sebuah penelitian, pisang bisa dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang

Buah pisang juga mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B6 alami, Kandungan inilah yang membuat pisang dapat memberikan manfaat yang lebih dari minuman olahraga. 

5. Kaya Magnesium

Pisang kaya akan magnesium yang merupakan mineral penting untuk membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar bisa berfungsi normal. Selain itu, mineral ini juga berperan dalam pembentukan otot, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula dan tekanan darah 

Mengingat  manfaat magnesium tersebut, Anda sebaiknya perlu mengkonsumsi pisang setiap hari, Hal ini dikarenakan pisang berukuran sedang mengandung 16% dari kebutuhan magnesium harian Anda. 

Anda juga bisa menambahkan pisang ke dalam menu makanan. Dengan demikian, maka Anda tidak akan mengalami kekurangan magnesium.

Pastikan kebutuhan magnesium setiap harinya. Pasalnya, kekurangan  magnesium dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual, muntah, dan kesemutan. Bahkan hal ini juga dapat meningkatkan risiko kejang, migrain, gangguan irama jantung, dan osteoporosis.

6. Baik untuk Kulit

Anda sebaiknya tidak membuang pisang yang sudah terlalu matang. Pasalnya, pisang seperti ini bermanfaat untuk kesehatan kulit. Pisang mengandung vitamin C yang berperan penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV.

Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering. Anda bisa membuat masker wajah dari pisang yang kematangan tersebut untuk memperoleh manfaat ini. Caranya pun cukup mudah dilakukan.

Pertama, pilih buah pisang yang sudah matang atau lembek lalu tumbuh menjadi adonan pasta halus. Kemudian, oleskan pasta halus tersebut pada kulit wajah yang bersih dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hingga bersih. Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu atau greek yogurt polos untuk menambah kelembaban.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait