Mencermati Berbagai Kandungan Gizi Kentang yang Baik untuk Kesehatan

Annisa Fianni Sisma
12 Januari 2023, 12:19
Kandungan Gizi Kentang
Pexels
Ilustrasi, kentang.

Kentang merupakan makanan yang nikmat ketika diolah menjadi apapun, baik itu kentang goreng, bakar, maupun dimasukkan dalam sop. Kentang memiliki gizi yang banyak dan baik untuk tubuh. Berkenaan dengan itu, tentu menarik membahas kandungan gizi kentang selengkapnya.

Kentang dapat bermanfaat untuk mengurangi berat badan, melancarkan sistem pencernaan, menjadi sumber energi, dan lain sebagainya. Manfaat tersebut muncul karena kentang memiliki kandungan vitamin dan lain sebagainya.

Mengonsumsi kentang secara rutin tentu sangat baik untuk kesehatan. Untuk memahami lebih lanjut terkait manfaat kentang, berikut ini ulasan mengenai kandungan gizi kentang.

Kandungan Gizi Kentang

Kandungan Gizi Kentang
Kandungan Gizi Kentang (Pexels)
 

Setiap satu buah kentang yang berukuran sedang atau sekitar 100 gram, memiliki sekitar 88 kalori dan nutrisi yang beragam. Nutrisi tersebut yakni 20 gram karbohidrat, 13 milligram vitamin c, 1,9 gram protein, 1,8 gram serat pangan, 0,3 milligram zinc, dan 380 miligram kalium.

Selain itu, kandungan gizi kentang lainnya yakni folat, vitamin K dan B, fosfor, magnesium, zat besi, selenium, dan kalsium. Kandungan gizi kentang ini terdapat banyak pada bagian kulitnya.

Untuk memahami masing-masing kandungan gizi kentang tersebut, berikut pembahasan lebih rinci terkait kandungan gizi kentang.

1. Karbohidrat

Kandungan gizi kentang yang cukup terkenal adalah karbohidrat. Bahkan sekitar 66 hingga 90% kentang berisi karbohidrat.

Kebutuhan tubuh akan karbohidrat adalah karena karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi tubuh. Bahkan tubuh memerlukan 45 hingga 65 persen dari total kalori per hari yang bersumber dari karbohidrat.

Berkaitan dengan itu, jika tubuh memerlukan 2000 kalori per hari maka 900 hingga 1300 kalori disarankan dari karbohidrat. Kebutuhan karbohidrat dalam tubuh pun dapat diperoleh dari kentang.

2. Vitamin B6

Vitamin B6 yang ada pada kentang sangat bermanfaat bagi tubuh. Pasalnya, kandungan vitamin B6 mampu membentuk sel darah merah, kesehatan saraf, membantu produksi antibodi atau zat kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit, dan menunjang pencernaan protein dalam tubuh.

3. Serat

Kandungan gizi kentang berikutnya adalah adanya serat di bagian kulitnya. Serat di kentang menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di usus besar. Mengonsumsi kentang sebagai bentuk pemenuhan serat dapat memelihara dan melancarkan saluran pencernaan. Selain itu, serat dari kentang juga mampu membuat pengonsumsi lebih kenyang dan mengontrol gula darah.

Dengan beragam nutrisi tersebut, kentang pun dapat dijadikan makanan yang baik untuk diet. Agar mampu memperoleh manfaatnya dengan maksimal, sebaiknya tiriskan dulu kentang yang baru dimasak karena kentang yang sudah dingin mengandung kadar serat lebih tinggi daripada yang dimakan saat panas.

4. Vitamin C

Kandungan gizi kentang yang berupa vitamin C sangat bermanfaat sebagai antioksidan untuk memperbaiki tubuh. Tak hanya itu, vitamin C juga membantu penyerapan zat besi, sistem kekebalan tubuh dan lain sebagainya. Vitamin C pada kentang paling banyak terletak di bagian kulit kentang.

5. Protein

Fungsi protein adalah untuk memproduksi hormon dan enzim. Tak hanya itu, protein juga penting dalam pembentukan otot tulang, rambut, kulit, dan sel darah merah.

Meski kandungan gizi kentang yang berupa protein lebih sedikit dibandingkan makanan seperti gandum dan jagung, tetapi kualitasnya cukup tinggi. Protein utama yang berkualitas tinggi tersebut adalah palatin.

Namun dalam mengonsumsi kentang tidak semua orang dapat memperoleh manfaatnya secara maksimal. Pasalnya, mungkin saja ada orang yang alergi terhadap protein patatin ini, sehingga perlu melakukan tes terlebih dahulu dengan mengkonsumsinya sedikit demi sedikit.

6. Antioksidan

Kandungan gizi kentang berikutnya adalah adanya antioksidan. Antioksidan dikenal sebagai zat yang mampu menangkal radikal bebas bahkan beragam penyakit kronis.

7. Kalium

Kandungan gizi kentang yang tak kalah menarik diketahui adalah kalium. Kalium atau potasium adalah mineral yang banyak di dalam kentang. Kalium sangat bermanfaat untuk menekan adanya risiko tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Kadar kalium paling banyak ada di kulit kentang.

8. Folat

Kandungan gizi kentang yang selanjutnya yakni adanya folat. Folat menjadi salah satu nutrisi yang sangat baik bagi ibu hamil.

Cara Mengolah Kentang dengan Tepat

Kandungan Gizi Kentang
Kentang Goreng (Pexels)
 

Seperti yang sudah diketahui, kentang memiliki gizi yang banyak dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Namun terdapat hal yang turut penting untuk diketahui agar dapat memperoleh manfaat kentang secara maksimal.

Teknik pengolahan kentang pada umumnya dengan merebus, memanggang, menggoreng, dan mengukus. Tak jarang pula ada yang membakarnya.

Cara tepat mengolah kentang agar memperoleh kandungan gizi kentang adalah dengan merebus, memanggang, dan mengukusnya. Sedangkan cara mengolah kentang dengan menggorengnya dapat membuat kentang memiliki kalori yang berlebih dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, sangat dianjurkan mengonsumsi kentang tanpa mengupas kulitnya. Serat, mineral, dan vitamin bahkan sangat banyak terdapat di bagian kulit kentang.

Hindari mengonsumsi kentang yang sudah berwarna kehijauan atau munculnya tunas. Pasalnya, tunas dan warna hijau tersebut mengandung racun yang justru berbahaya untuk tubuh.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait