6 Manfaat Kentang Rebus Ini Penting untuk Tubuh

Siti Nur Aeni
28 Mei 2022, 08:51
6 Manfaat Kentang Rebus yang Penting untuk Tubuh
pixabay.com
Ilustrasi olahan kentang rebus

Manfaat kentang rebus akan lebih banyak diperoleh tubuh Anda, dibandingkan mengolahnya menjadi kentang goreng.  Ditambah lagi, rasa kentang rebus juga tak kalah lezat dibandingkan kentang goreng. Tak hanya itu, manfaat kentang rebus juga sangat beragam. Berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Kentang Rebus untuk Kesehatan

Kentang merupakan tanaman umbi-umbian yang banyak dijumpai di Indonesia. Makanan ini sering menjadi pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Kentang memiliki rasa yang cenderung hambar, sehingga bisa diolah menjadi beragam jenis makanan.

Menurut penjelasan di Panganku.org, dalam 100 gram kentang terdapat beberapa kandungan nutrisi seperti; air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin A, beta karoten, karoten total, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C.

Kandungan tersebut membuat makanan ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Melansir dari Hellosehat.com, berikut beberapa manfaat kentang rebus bagi tubuh.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Kentang diketahui mengandung senyawa penting seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Ketiga senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer pada 2011 lalu menyebutkan bahwa kentang bisa menekan pertumbuhan kanker hati dan usus besar. Maka dari itu, kentang dipercaya dapat mengurangi beragam penyakit kronis.

2. Mengontrol Gula dalam Darah

Kentang menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Pasalnya, makanan yang satu ini dipercaya bisa membantu mengatur kadar gula dalam darah. Kentang diketahui memiliki kandungan pati yang tidak dapat diserap tubuh sepenuhnya. Pati tersebut dikenal juga dengan sebutan pati resisten.

Saat jenis pati ini masuk ke usus besar, maka pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada di organ tersebut. Sebuah penelitian mengatakan bahwa pati resisten bisa mengoptimalkan kerja insulin atau hormon pengendali gula darah.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa gula darah pada penderita diabetes tipe dua menjadi lebih stabil seusai mengonsumsi pati resisten. Uniknya, kandungan pati ini dapat ditingkatkan dengan menyimpan kentang rebus dalam kulkas semalaman, lalu dikonsumsi selagi dingin di keesokan harinya.

3. Memelihara Kesehatan Pencernaan

Manfaat kentang rebus lainnya, yaitu dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kandungan pati resisten dalam kentang diketahui bisa memperbaiki sistem pencernaan. Pasalnya, pati ini dapat memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan bakteri baik dalam usus.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...