Khawatir Corona, Vietnam Putuskan Tunda KTT ASEAN hingga Juni 2020

Image title
20 Maret 2020, 12:34
Ilustrasi, logo ASEAn. Pada 17 Maret 2020 pemerintah Vietnam memutuskan menunda pelaksanaan KTT ASEAN ke-36 karena adanya pandemi corona.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi, logo ASEAn. Pada 17 Maret 2020 pemerintah Vietnam memutuskan menunda pelaksanaan KTT ASEAN ke-36 karena adanya pandemi corona.

Penyebaran virus corona yang masif berimbas pada penundanaan sejumlah pertemuan tingkat tinggi, salah satunya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Rencananya, KTT ASEAN yang ke-36 digelar pada 6-9 April 2020 di Vietnam, namun pemerintah Vietnam memutuskan menunda pelaksanaannya hingga akhir Juni 2020, menunggu situasi kembali kondusif.

Keputusan penundaan KTT ASEAN telah diumumkan oleh Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, pada 17 Maret 2020. Ia mengatakan, perubahan jadwal telah diinformasikan kepada seluruh delegasi negara-negara ASEAN.

"Pertemuan puncak para pemimpin Asia Tenggara dan internasional lainnya yang dijadwalkan di Vietnam awal bulan depan telah ditunda hingga akhir Juni karena kekhawatiran tentang virus corona," kata dia dilansir dari Reuters, Jumat (20/3).

(Baca: AS Siapkan Skenario Pandemi Corona Berlangsung hingga 18 Bulan)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...