Deretan Insiden Kebakaran yang Menimpa Kilang Pertamina

Image title
2 April 2023, 14:28
kilang Pertamina, kilang, Pertamina
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/aww.
Ilustrasi, sebuah mobil pemadam kebakaran meninggalkan kawasan Kilang Pertamina Dumai seusai memadamkan kebakaran akibat ledakan di area "gas compressor", Sabtu (1/4).

Fasilitas kilang milik PT Pertamina seolah tidak pernah sepi dari insiden kebakaran, terutama selama dua tahun terakhir. Terbaru adalah, insiden ledakan yang dialami kilang Pertamina Dumai atau Pertamina Refinery Unit II, yang terjadi pada Sabtu (1/4) pukul 22.40 waktu Indonesia bagian barat (WIB).

Dalam dua tahun terakhir, setidaknya ada enam insiden kebakaran yang dialami fasilitas kilang Pertamina. Termasuk di dalamnya adalah ledakan yang terjadi di kilang Pertamina Dumai.

Selain kilang, insiden kebakaran juga terjadi juga di fasilitas milik Pertamina lain. Contoh terdekat adalah kebakaran Depo Pertamina Plumpang, yang terbakar pada 3 Maret lalu. Kebakaran terjadi pada pukul 20:11 WIB pada pipa Pertamina di Jl. Tanah merah Bawah RT.12 RW.09 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja.

Peristiwa kebakaran tersebut merengut 19 korban jiwa dan 49 orang dirawat di rumah sakit. Sebagai informasi, depo BBM Pertamina di Plumpang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, memiliki kapasitas 5.000 kilo liter (KL).

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini beberapa insiden kebakaran kilang Pertamina dalam rentang waktu dua tahun terakhir.

KEBAKARAN KILANG PERTAMINA BALONGAN
KEBAKARAN KILANG PERTAMINA BALONGAN (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.)

1. Kilang Pertamina Balongan Maret 2021

Kilang Balongan yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat ini terbakar pada 29 Maret 2021, dini hari. Kebakaran yang menewaskan satu orang dan menyebabkan lima orang luka berat tersebut, berawal dari kobaran api yang melahap tiga unit Tank Product Premium.

Peristiwa kebakaran dan meledaknya tangki Pertamina Balongan ini berdampak terhadap setidaknya 2.788 rumah warga sekitar. Dari jumlah itu, yang telah diverifikasi sebanyak 1.313 rumah yang rusak.

2. Kilang Pertamina Cilacap Juni 2021

Tak lama dari kejadian terbakarnya kilang Balongan, insiden serupa terjadi pada kilang Cilacap atau Pertamina Refinery Unit IV. Pada 11 Juni 2021, Pertamina melaporkan adanya sebuah tangki berisi benzena terbakar. Senyawa kimia ini, merupakan bahan dasar pembuatan produk petrokimia.

Saat itu Pertamina memerlukan 40 jam untuk memadamkan api. Namun saat itu kebakaran juga tak menyebabkan pasokan benzena ke industri terganggu.

Kilang Cilacap merupakan satu dari enam kilang Pertamina. Fasilitas ini memiliki kapasitas pengolahan 270.000 barel per hari, dan memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta bahan bakar minyak (BBM) hasil pengolahan minyak mentah.

3. Kilang Pertamina Cilacap November 2021

Sekitar empat bulan setelah kejadian kebakaran kilang Cilacap atau Refinery Unit IV pada 11 Juni 2021, kejadian serupa kembali terjadi di fasilitas yang sama. Pada 13 November 2021, kilang Cilacap, Jawa Tengah terbakar. Kebakaran menimpa tangki 36-T102, yang berisi BBM RON 90 atau Pertalite sebanyak 31.000 KL.

Terbakarnya satu tangki tersebut dilaporkan tidak mengganggu produksi kilang Cilacap. Sebab, kilang Cilacap totalnya memiliki 228 tangki, sehingga insiden tersebut tidak menimbulkan shut down produksi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...