Sambut Ramadan di Tengah Corona, E-Commerce Tawarkan Sejumlah Program

Cindy Mutia Annur
31 Maret 2020, 07:17
Ilustrasi, aktivitas belanja menggunakan e-commerce. Menyambut momen Ramadan, sejumlah e-commerce menyiapkan berbagai program, di antaranya pemberian diskon, gratis ongkos kirim hingga program donasi.
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi, aktivitas belanja menggunakan e-commerce. Menyambut momen Ramadan, sejumlah e-commerce menyiapkan berbagai program, di antaranya pemberian diskon, gratis ongkos kirim hingga program donasi.

Menyambut momen Ramadan, sejumlah perusahaan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli menyiapkan sejumlah strategi.

Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono mengungkapkan, menyambut Ramadan, Bukalapak menyiapkan sejumlah penawaran seperti diskon besar dari official brand, gratis ongkos kirim, memberikan voucher cashback 20% dan membagikan sejumlah produk gratis.

Advertisement

Untuk menjamin keamanan konsumen selama pandemi corona, Bukalapak juga menyiapkan sejumlah strategi. "Salah satunya, kami memastikan mitra logistik kami melakukan pengiriman yang aman tanpa kontak langsung (contactless shopping) secara gratis," ujar Intan, kepada Katadata.co.id, Jumat (27/3).

Ia menambahkan, Bukalapak juga melakukan kerjasama dengan berbagai mitra bisnis untuk menjaga pasokan produk kebutuhan pokok dan kesehatan selama masa Ramadan, serta memastikan konsumen dapat membeli dengan harga yang wajar.

(Baca: Tiga E-commerce Besar Panen Pengguna dan Transaksi saat Pandemi Corona)

"Kami juga secara tegas melakukan takedown terhadap produk dengan harga tidak wajar ataupun produk kesehatan yang dilarang beredar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM ), serta melakukan pengusutan pelaku," ujar Intan.

Perusahaan, menurut Intan, juga bakal mengedukasi para mitra penjual di platformnya untuk tetap bisa berjualan online secara aman dan memastikan konsumen mendapatkan informasi yang akurat melalui fitur Pantau Corona di platformnya.

Selain Bukalapak, Blibli juga memiliki sejumlah program selama Ramadan hingga Idul Fitri. Vice President of Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan mengatakan, program yang disediakan antara lain, pemberian diskon produk hingga 90% dan program donasi selama Ramadan.

Sama seperti Bukalapak, Blibli juga menerapkan contactless shipping guna mengurangi kontak langsung antara mitra kurir dan pelanggan, demi mencegah penyebaran virus corona.

"Tanda tangan elektronik yang seharusnya dilakukan saat pelanggan menerima paket pun telah diganti dengan pengambilan foto oleh kurir," ujar Yolanda.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement