Tokopedia Blokir Permanen Ribuan Akun yang Jual Mahal Produk Kesehatan

Desy Setyowati
23 Maret 2020, 12:22
Tokopedia Blokir Permanen Ribuan Akun yang Jual Mahal Produk Kesehatan
ilustrasi/Tokopedia
Ilustrasi Tokopedia

Startup e-commerce, Tokopedia memblokir permanen ribuan akun pelapak yang menjual produk kesehatan seperti masker kesehatan dan hand sanitizer. Selain itu, pedagang yang mendagangkan produk dengan judul atau deskripsi yang tidak benar, termasuk terkait virus corona.

“Kami juga melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar,” kata VP of Corporate Communcations Tokopedia Nuraini Razak kepada Katadata.co.id, Senin (23/3).

Seiring meningkatnya permintaan produk kesehatan dan kebutuhan pokok, unicorn Tanah Air ini juga memotong biaya layanan 100% untuk penjual di kedua kategori itu. Tokopedia mendorong penjual untuk selalu memastikan ketersediaan produk dan menjaga harga tetap stabil. 

(Baca: Akun Pelapak E-Commerce yang Jual Gula Mahal Diblokir dan Izin Dicabut)

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id  ada beberapa penjual di e-commerce yang menjajakan alat deteksi virus corona. Di Tokopedia misalnya, toko Geoteknindo menjual alat yang diberi deskripsi 'Covid-19 IGM & IGG Combo Rapid Test Kit' seharga Rp 3,8 juta pada pekan lalu (18/3). Pemilik toko mengklaim bahwa alat itu bisa memberikan hasil tes corona dalam dua hingga 10 menit. 

Lalu, toko bernama Floprelovedbranded sempat menjual alat bernama 'Test Kit Covid-10/ Corona Virus (Accuracy 95-99%)' seharga Rp 1,45 juta dan mengklaim tingkat akurasinya 95-99%. Namun, produk tersebut sudah tersedia pada 18 Maret.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...