Meski Minim Sentimen Dalam Negeri, IHSG Diprediksi Bergerak Naik

Secara teknikal IHSG menunjukkan indikasi pergerakan naik meski tidak ada sentimen dari dalam negeri.
Image title
27 Agustus 2020, 07:37
Ilustrasi, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG diprediksi bergerak naik pada hari ini, Kamis (27/8), meski minim sentimen dari dalam negeri.
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG diprediksi bergerak naik pada hari ini, Kamis (27/8), meski minim sentimen dari dalam negeri.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi bergerak naik pada perdagangan hari ini, Kamis (27/8), meskti tidak ada sentimen positif dari dalam negeri. Para analis menilai kenaikan indeks pada hari ini murni merupakan pergerakan teknikal.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan menilai secara teknikal pergerakan IHSG menunjukkan potensi kenaikan pada hari ini. Meski demikian, kenaikan indeks kemungkinan besar masih terbatas karena minimnya sentimen dari dalam negeri.

“Pergerakan indeks cukup terbatas dikarenakan minimnya sentimen,” kata Dennies dalam risetnya, dikutip Kamis (27/8).

Karena minimnya sentimen tersebut, ia memprediksi IHSG akan bergerak dengan support pertama di level 5.311 dan support kedua di level 5.325. Sedangkan resistance pertama diperkirakan berada di level 5.352 dan resistance kedua di level 5.365.

Advertisement

Level support merupakan level yang diperkirakan menahan koreksi indeks atau harga saham. Sedangkan resistance merupakan level yang diproyeksi menghentikan kenaikkan indeks atau harga saham.

Sementara beberapa saham yang menurutnya dapat dicermati investor pada perdagangan hari ini antara lain PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dan PT Alam Sutra Realty Tbk (ASRI).

Senada, Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga memperkirakan IHSG bakal bergerak naik hari ini. Menurutnya pelaku pasar bakal mencermati sentimen global, terutama pidato ketua The Fed Jerome Powell yang dijadwalkan pada hari ini waktu Amerika Serikat (AS), tentang tinjauan kerangka kebijakan moneter yang diharapkan memerlukan strategi inflasi baru.

Atas dasar itu, ia memperkirakan IHSG berpeluang menguat terbatas pada pergerakan hari ini dengan support dan resistance di level 5304-5385.

Sementara saham yang menurut Lanjar dapat dicermati oleh investor pada hari ini antara lain PT Bank CIMB Niaga (BNGA), PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM), PT Sido Muncul (SIDO), PT Siloam (SILO), PT Total Bangun Persada Tbk (TOTL), PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan PT Indika Energy Tbk (INDY).

Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama juga memprediksi IHSG bergerak menguat hari ini. Menurutnya pergerakan IHSG secara teknikal berpeluang menuju ke resistance terdekat.

"Saya memprediksi IHSG bergerak ke zona hijau dengan support di level 5.293 dan resistance di level 5.380," ujar Nafan.

Beberapa saham yang ia rekomendasikan antara lain PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Indomobil Tbk (IMAS), PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) dan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR).

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait