Wabah Corona, Pemerintah Evakuasi 245 WNI dari Wuhan Gunakan Batik Air

Image title
1 Februari 2020, 12:54
Batik Air, evakuasi WNI di Wuhan, virus corona
Katadata/Ihya Ulum Aldin
Pemerintah mengirimkan pesawat Batik Air guna mengevakuasi 245 WNI dari kota Wuhan, Tiongkok yang merupakan pusat penyebaran virus corona.

Pemerintah mengirimkan pesawat Batik Air guna mengevakuasi 245 warga negara Indonesia dari kota Wuhan di Tiongkok yang merupakan pusat pendemi penyebaran virus corona.  Adapun WNI yang dievakuasi dipastikan dalam kondisi sehat. 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan WNI yang berada di sekitar Wuhan sudah bergerak untuk melakukan proses evakuasi. Adapun pesawat Batik Air yang digunakan nantinya akan mengangkut 245 WNI dan lima anggota tim yang berada di lapangan untuk melakukan pengecekan protokol kesehatan.

"Pesawat juga membawa alat-alat seperti masker dan surgical unit yang dibutuhkan Tiongkok. Nanti akan langsung diterima Tiongkok. Ini adalah misi mulia yang yarus dijalankan dengan penuh kedisiplinan," ujar Retno dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (1/2). 

(Baca: TNI AU Siapkan Tiga Pesawat untuk Evakuasi WNI yang Terjebak di Wuhan)

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan seluruh WNI yang dievakuasi telah dilakukan pengecekan kesehatan sebelum dipulangkan ke Indonesia. Namun, tetap akan dilakukan transit observation sesuai dengan protokol kesehatan WHO. 

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...