Pemerintah Kesulitan Penuhi Target Tes 30 Ribu Spesimen per Hari

Dimas Jarot Bayu
27 Agustus 2020, 18:37
tes covid-19, tes pcr, pandemi covid, pengetesan covid-19, covid-19, pasien covid-19
Youtube BNPB
Juru Bicara Satuan Tugas Penangan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut kesulitan mencapai target pengetesan 30 ribu spesimen antara lain akibat terbatasnya sumber daya manusia di laboratorium pemeriksaan Covid-19.

Pemerintah mencatat jumlah pemeriksaan Covid-19 di Indonesia rata-rata hanya mencapai 20-25 ribu spesimen per hari. Juru bicara Satuan Tugas  Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengakui pemerintah kesulitan memenuhi target pemeriksaan virus corona sebanyak 30 ribu spesimen per hari. 

“Jadi memang target 30 ribu ini cukup berat pada saat ini untuk dicapai,” kata Wiku di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (27/8).

Menurut Wiku, kesulitan tersebut muncul karena terbatasnya sumber daya manusia  di laboratorium untuk memeriksa corona. Menurutnya, pemerintah masih harus memobilisasi lebih banyak SDM sehingga jam operasional  laboratorium yang memeriksa spesimen meningkat.

"Kemudian jejaring untuk pengiriman sampel dari fasilitas kesehatan ke laboratoriumnya juga diatur, sehingga tidak terjadi antrean panjang dari laboratorium yang ada,” kata Wiku.

Kendala lain yang juga dihadapi adalah alat PCR yang dipakai untuk memeriksa spesimen corona bervariasi. Alhasil, distribusi reagen pun menjadi terhambat.

Kondisi itu terjadi karena berbagai laboratorium yang ada tidak berasal dari satu kementerian saja. Ada 12 kementerian/lembaga yang mengelola hampir 300 laboratorium di Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...