Indonesia Punya Andil Krisis Energi Singapura, Apa Faktornya?

Image title
22 Oktober 2021, 10:36
krisis energi, singapura, gas, krisis listrik, krisis energi singapura
ANTARA FOTO/REUTERS/Edgar Su/FOC/sa.
Ilustrasi. Pasokan gas dari Indonesia ke Singapura terganggu karena adanya gangguan operasional produksi. Salah satunya, yakni anjloknya produksi gas di Premier Oil.

Indonesia turut andil dalam krisis energi yang terjadi di Singapura saat ini. Penyaluran pasokan gas alam dari Indonesia ke Negeri Singa itu mengalami kendala.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan pasokan gas ke Singapura terganggu karena adanya gangguan operasional produksi. Salah satunya, yakni anjloknya produksi gas di Premier Oil.

"Ada gangguan turunnya produksi di Premier Oil karena kecelakaan helikopter," kata dia dalam Forum Kapasitas Nasional 2021, Kamis (21/10).

Ia berharap kendala tersebut dapat tertangani segera mungkin sehingga penyaluran gas ke Singapura dapat normal kembali. Namun demikian, menurut dia, pemerintah tetap akan memprioritaskan kebutuhan gas di dalam negeri. Ketahanan energi dinilai sangat krusial. 

"Kalau stoknya sedikit, nanti goyang saat ada krisis. Jadi security inventory itu perlu diamankan," katanya.ecurity inventory itu perlu diamankan," katanya

Tanda-tanda krisis energi mulai menghampiri Singapura. Hal ini terjadi karena  pengecer listrik independen terbesar di negara tersebut, iSwitch, dan tiga perusahaan pesaingnya mulai menarik diri dari pasar dan tidak lagi menerima pelanggan baru di tengah melambungnya harga energi.

Harga LNG di pasar spot Asia telah melonjak lebih dari 500% dari tahun lalu menjadi lebih dari US$ 30 per juta British thermal unit (mmBtu) bulan ini, sementara harga minyak mentah Brent yang sebagian besar kontrak gas jangka panjang Singapura naik ke level tertingginya dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...