IMF Desak The Fed Percepat Tapering Off untuk Meredakan Inflasi

Agustiyanti
6 Desember 2021, 12:03
IMF, The Fed, suku bunga, inflasi
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/rwa.
The Fed pada awal bulan lalu memutuskan untuk mengurangi pembelian obligasi sebesar US$ 15 miliar setiap bulan.

Dana Moneter Internasional (IMF) menyarankan Bank Sentral AS, The Federal Reserve melaksanakan kebijakan pengurangan stimulus atau tapering off dengan kecepatan yang lebih tinggi di tengah lonjakan inflasi yang terjadi di negara tersebut. The Fed pada awal bulan lalu memutuskan untuk mengurangi pembelian obligasi sebesar US$ 15 miliar setiap bulan. 

IMF menilai varian baru Covid-19 dan lonjakan inflasi membuat The Fed harus mempercepat langkahnya dalam melaksanakan tapering off. “Kami melihat AS harus harus memberikan bobot yang lebih besar terhadap inflasi dalam menentukan kebijakan moneternya,” kata IMF di laman resminya, seperti dikutip dari CNBC Internasional, Senin (6/12). 

Advertisement

Lembaga tersebut menilai, The Fed tidak hanya harus meningkatkan upaya untuk mengurangi pembelian, tetapi juga memajukan jadwal kenaikan suku bunga kebijakan. 

Ketua Fed Jerome Powell awal pekan lalu mengindikasikan bahwa bank sentral dapat meningkatkan upaya pengurangan dan kemungkinan akan dibahas pada pertemuan bulan ini.

Data yang dirilis pada November menunjukkan bahwa indeks harga konsumen AS naik 6,2% pada Oktober dari tahun lalu, level tertinggi dalam 30 tahun. Namun, dalam hal menaikkan suku bunga, The Fed mengatakan bahwa pelaku pasar tidak boleh menafsirkan tapering off sebagai tanda kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Dalam konteks ini, IMF meminta bank sentral di berbagai belahan dunia, bukan hanya The Fed untuk mengomunikasikan rencana mereka dengan jelas.

"Sangat penting bagi bank sentral utama untuk secara hati-hati mengomunikasikan tindakan kebijakan mereka agar tidak memicu kepanikan pasar yang akan berdampak buruk tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri," kata IMF.

Para analis memperkirakan, The Fed akan menaikkan suku bunga enam kali hingga 2024 seriring inflasi yang melonjak tinggi. Kepala Strategi Pasar Ekuitas Federated Hermes Phil Orlando mengatakan, tekanan inflasi khususnya di sektor otomotif, hunian, hingga makanan menjadi alasan The Fed meningkatkan suku bunga. Federated Hermes merupakan perusahaan bank investasi besar di AS yang memiliki aset kelolaan hingga US$ 634 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement