Menteri ESDM Temukan Banyak Truk Pertambangan Gunakan BBM Subsidi

Agustiyanti
10 April 2022, 15:50
subsidi BBM, arifin tasrif, solar, bbm
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan, pemerintah memberikan BBM subsidi untuk kelompok masyarakat yang tidak mampu.

Subsidi bahan bakar yang membengkak bukan hanya disebabkan oleh kenaikan harga minyak dunia, tetapi juga bocornya penyaluran BBM bersubsidi. Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menemukan banyak truk industri perusahaan tambang dan perkebunan yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar subsidi saat melakukan sidak di beberapa SPBU di Kota Bengkulu.

"BBM jenis solar subsidi diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan , bukan untuk industri umum. Namun ditemukan BBM jenis solar dipakai oleh angkutan besar yang mengakibatkan berkurangnya stok untuk masyarakat," kata Arifin di Bengkulu, Minggu (10/4), seperti dikutip dari Antara. 

Ia menegaskan, pemerintah memberikan BBM subsidi untuk kelompok masyarakat yang tidak mampu. Sedangkan untuk masyarakat yang mampu, diminta untuk tidak menggunakan BBM subsidi.

Meski demikian, menurut Arifin, BBM subsidi jenis solar banyak digunakan atau dimanfaatkan oleh perusahaan CPO dan batu bara yang sebenarnya tidak berhak. Untuk itu, pihaknya akan membuat surat peringatan terhadap industri-industri yang menggunakan BBM subsidi agar menggunakan BBM nonsubsidi. Adapun jika perusahaan masih enggan menyesuaikan BBM khusus untuk peruntukannya, ia mengatakan akan mengambil langkah pendisiplinan.

 

Pasokan bahan bakar minyak (BBM), khususnya jenis solar subsidi yang dijual Pertamina belakangan terpantau mengalami kelangkaan di sejumlah daerah. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...