Golkar Sodorkan Airlangga hingga TGB Sebagai Calon Menteri

Ameidyo Daud Nasution
16 Oktober 2019, 19:44
Golkar, Menteri, Kabinet, Jokowi.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Airlangga Hartarto merupakan satu di antara para kandidat menteri yang dialonkan Golkar.

Partai Golkar menyebut sejumlah nama kader yang disetor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dipertimbangkan masuk kabinet. Ketua Umum Airlangga Hartarto hingga mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M. Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang) masuk dalam daftar.

Wakil Sekretaris Jenderal Golkar Maman Abdurrahman mengatakan selain dua nama itu, ada juga nama Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, putra sulung BJ Habibie yakni Ilham Habibie, Sekjen Golkar Ace Hasan Syadzily, dan mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang menjadi kandidat menteri.

Selain itu nama sejumlah politisi Golkar seperti Satya W. Yudha, Zainuddin Amali, Ibnu Munzir, M. Misbakhun, hingga Rizal Mallarangeng juga dikirim ke Presiden. Tak hanya itu, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid juga jadi salah satu calon. 

“Kami serahkan ke Pak Presiden lengkap dengan latar belakang dan dokumen,” kata Maman saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (16/10).

(Baca: Jokowi: Banyak Wajah Baru di Kabinet Periode Kedua)

Maman mengatakan hak prerogatif Jokowi untuk memilih kandidat yang disodorkan Golkar.  Maman juga enggan berspekulasi berapa banyak kader Golkar nantinya yang akan diambil Jokowi. “Jumlahnya tergantung (keputusan) Presiden,” ujar Maman.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...