Mantan Pimpinan KPK: Saut Situmorang Tak Mundur, Hanya Cuti

Saut Situmorang hari Jumat (13/9) mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua KPK.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
16 September 2019, 15:51
Saut Situmorang, KPK, Mundur.
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Mantan pimpinan KPK Erry Riyana Hardjapamekas mengatakan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (foto) tidak mengundurkan diri tapi hanya mengambil cuti.

Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Riyana Hardjapamekas mengatakan tak ada pimpinan KPK 2015-2019 yang mengundurkan diri. Bahkan Erry menyatakan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang juga tidak mundur.

Dalam jumpa pers usai bertemu dengan pimpinan KPK, Erry menjelaskan Saut hanya mengambil jatah cuti selama dua minggu. Erry juga mengatakan lima orang Komisioner KPK masih memiliki banyak tugas hingga mereka akan bekerja hingga Desember 2019 mendatang. 

“Satu-satunya yang tidak hadir Pak Saut Situmorang meminta cuti,” kata Erry di Gedung KPK, Jakarta, Senin (16/9).

(Baca: Saut Situmorang Mengundurkan Diri dari Jabatan Wakil Ketua KPK)

Mantan pimpinan KPK lainnya yakni Tumpak Hatorangan Panggabean juga memastikan tidak ada petinggi komisi antirasuah tersebut yang mengundurkan diri. Bahkan dia mendapat konfirmasi langsung dari salah seorang Komisioner KPK.

“Saya senang tidak ada yang mundur,” ujar Tumpak di lokasi yang sama.

Sebelumnya beredar surat pengunduran diri Saut Situmorang dari jabatannya sesaat setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memilih Firli Bahuri sebagai ketua komisi antirasuah, hari Jumat (13/9) lalu. Dalam surat tersebut, Saut mengatakan, pengunduran dirinya terhitung aktif mulai hari Senin (16/9) ini.

“Izinkan saya bersama ini menyampaikan beberap hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK,” kata Saut melalui surat elektronik yang dikirimkan kepada seluruh pegawai KPK, Jumat (13/9).

(Baca: Wakil Ketua KPK Saut Situmorang Mundur, Jokowi: Itu Hak Setiap Orang)

Dia  juga menitipkan salamnya kepada Wadah Pegawai (WP) KPK. Dirinya berharap agar WP KPK tak henti berjuang, khususnya untuk mengungkap pelaku kejahatan penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Reporter: Antara

Video Pilihan

Artikel Terkait