Covid-19 Varian Delta Mengganas, Kota Sydney Lockdown Dua Minggu

Ameidyo Daud Nasution
27 Juni 2021, 13:06
covid, delta, sydney, australia
ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/rwa/cf
Loren Elliott Super Flower Moon terlihat di belakang Sydney Opera House pada malam gerhana bulan, di Sydney, Australia, Rabu (26/5/2021). Otoritas Australia memberlakukan lockdown dua pekan hingga 9 Juli 2021 di Sydney akibat penularan Covid-19 varian Delta.

Munculnya Covid-19 varian Delta membuat banyak negara tiarap tak terkecuali Australia. Otoritas Negeri Kanguru terpaksa memberlakukan karantina wilayah alias lockdown di Sydney, New South Wales karena kasus corona meningkat.

Penguncian wilayah dilakukan di wilayah Sydney dan sekitarnya yakni Blue Mountains, Wollongong, dan Central Coast sejak Sabtu (26/6) sampai Jumat, 9 Juli mendatang. Adapun kasus positif varian Delta di wilayah tersebut mencapai 110 orang.

“Kami mengantisipasi bahwa dalam beberapa hari ke depan, jumlah kasus kemungkinan akan meningkat bahkan melampaui apa yang telah kita lihat hari,” kata Menteri Besar New South Wales Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian, Sabtu (26/6) dikutip dari BBC.

Sebanyak lima juta orang di wilayah tersebut diperintahkan berada di rumah. Sedangkan polisi akan menggunakan teknologi guna mengenali pelat nomor kendaraan yang keluar dari zona karantina.

Meski demikian, pemerintah setempat tetap mengkkhawatirkan penularan lebih jauh. Menteri Kesehatan Negara Bagian New South Wales Brad Hazzard mengatakan, varian Delta yang berasal dari India ini merupakan musuh yang Tangguh.

‘Tak peduli langkah apa yang kami ambil, virus sepertinya memahami cara menyerang balik,” kata Hazzard.

Tak hanya Australia, varian Delta juga menyerang belahan lain dunia. Kanselir Jerman Angela Merkel pada Rabu (23/6) meminta negara-negara Uni Eropa melakukan karantina bagi mereka yang datang dari Inggris.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...