Operator Bandara Icheon Masuk Hang Nadim, Batam Jadi Hub Transportasi

Cahya Puteri Abdi Rabbi
22 Desember 2021, 12:11
bandara, hang nadim, batam
ANTARA FOTO/M N Kanwa/pras.
Suasana konter lapor diri yang lengang di terminal keberangkatan Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (24/4/2020). Suasana Bandara Hang Nadim sepi jelang penghentian sementara aktifitas penerbangan komersil baik dalam maupun luar negeri sebagai upaya pengendalian transportasi selama masa mudik Lebaran 1441 H untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pemerintah akan mempercepat pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam sebagai upaya pengembangan Kawasan Batam, Bintan, dan Karimun (BBK), serta kawasan regional Indonesia bagian barat. Kawasan ini juga akan terhubung dengan pasar global seperti Korea Selatan, Jepang, dan Tiongkok, bahkan Amerika Serikat.

Untuk mengakselerasi pengembangan Kawasan BBK tersebut, pada hari Selasa (21/12) telah dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) dengan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU Pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero), Incheon International Airport Corporation (IIAC), dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk memenangkan lelang pengembangan Bandara Internasional Hang Nadim. Total investasinya sebesar Rp 6,9 triliun dengan masa konsesi 25 tahun.

“Penandatanganan PKS ini menandai era baru dari proses panjang dalam upaya percepatan pengembangan Bandara Hang Nadim Batam dalam menunjang pengembangan Kawasan BBK,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam siaran pers, Selasa (21/12).

Dengan semakin terbukanya jaringan penerbangan internasional dari dan ke Batam, diharapkan industri dan pariwisata Kawasan BBK segera pulih. Selain itu layanan kargo dari bandara tersebut dapat meningkatkan daya saing industri dan mengurangi biaya logistik di Batam serta mendorong supply chain barang elektronik, baik dari bahan baku maupun produknya sendiri.

Dengan pelaksanaan KPBU ini, terdapat beberapa peluang yang dapat ditangkap oleh Batam. Beberapa di antaranya berupa terbukanya lalu lintas penerbangan, baik domestik maupun internasional, mendukung penerbangan haji dan umroh, pengembangan tujuan pariwisata kolaboratif, dan pengembangan Batam sebagai Logistic Aerocity (e-commerce dan cold chain product).

Airlangga meyakini, peluang tersebut dapat dicapai dengan memperhatikan kapasitas dan kapabilitas anggota konsorsium. Dia mengatakan AP I telah mengelola 15 bandara di Indonesia dengan layanan 83,4 juta penumpang dan 556 ribu ton kargo pada 2019.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...