Gandeng Perusahaan Jepang, APP Sinar Mas Bangun Pabrik Karton Rp 511 M

Rony Muharrman
Industri pulp dan kertas
Penulis: Ekarina
11/12/2018, 11.30 WIB

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melalui unit usahanya PT Purinusa Ekapersada, menandatangani kesepakatan dengan perusahaan asal Jepang yakni Oji Holdings Corporation untuk membentuk usaha patungan (joint venture) senilai US$35 juta atau setara Rp 511 miliar. Melalui kerja sama tersebut, keduanya akan membangun pabrik konversi baru di Indonesia yang ditargetkan beroperasi pada 2020.

Corrugated Carton Business Unit Head APP Sinar Mas Andre Ridwan mengatakan, pada perusahaan patungan yang diberi nama PT Oji Sinar Mas Packaging itu nantinya akan mengoperasikan pabrik yang  memproduksi kardus (corrugated carton) untuk memenuhi permintaan dalam negeri yang terus meningkat di Indonesia.

(Baca: Sinar Mas Agro Incar Pendapatan Rp 38,2 Triliun di 2018)

Pabrik yang akan berlokasi di Bekasi, Jawa Barat itu  diharapkan dapat mulai beroperasi pada Januari 2020. Pabrik baru ini ditargetkan mampu memproduksi 5.000 ton corrugated carton dari bahan daur ulang setiap bulan.

“Kemitraan dalam bentuk usaha patungan Oji Sinar Mas Packaging akan menyatukan kekuatan dari masing-masing perusahaan dalam memproduksi produk berbasis kayu, yang berkualitas tinggi, secara efisien dan berkelanjutan," kata Andre dalam keterangan tertulis yang diterima Katadata.co.id, Selasa (11/12).

Selain itu, kemitraan itu juga diharapkan akan membuka pasar baru serta memperkuat hubungan kami dengan para konsumen di
Indonesia.

(Baca : APP Sinar Mas Klarifikasi Tudingan Struktur Bisnis dan Pemasok Kayu)

Menurutnya, di Indonesia permintaan akan kemasan dalam bentuk corrugated carton terus meningkat seiring bertumbuhnya industri barang konsumen (consumer goods). Aplikasinya jenis produk ini juga dapat ditemui di berbagai sektor, mulai dari sektor makanan, manufaktur, elektronik, hingga otomotif seperti suku cadang dan pelumas.

Produk corrugated carton APP Sinar Mas sepenuhnya berasal dari bahan daur ulang container board yang mayoritas dipasok oleh PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, salah satu unit usaha APP Sinar Mas lainnya.