Cegah Covid-19, PLN Siapkan Layanan Whatsapp untuk Lapor Meter Listrik

PLN
Ilustrasi, layanan Whatsapp PLN. BUMN itu tengah mempersiapkan layanan Whatsapp agar pelanggan dapat melaporkan pemakaian listrik selama pandemi corona.
23/4/2020, 18.25 WIB

PLN menghentikan sementara pencatatan dan pemeriksaan meter listrik pelanggan pascabayar selama pandemi corona. Sebagai gantinya, BUMN itu menyiapkan layanan Whatsapp agar pelanggan dapat melaporkan angka stan dan foto kilowatt hour (kWh) meter.

Layanan tersebut mulai berlaku untuk tagihan rekening Mei 2020.“Ini bagian dari physical distancing, kami mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona,” ujar Senior Executive Vice President Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono dalam siaran pers pada Kamis (23/4).

Pelanggan pascabayar dapat mengirimkan angka stan kWh meter melalui layanan WhatsApp PLN. Caranya, pelanggan menyiapkan nomor kWh dan foto stan meter.

Kemudian, pelangan membuka aplikasi WhatsApp dan ketik 2 ke nomor 08122 123 123. Selanjutnya, pelanggan hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diinstruksikan dalam WhatsApp PLN.

Pelaporan angka stan meter disesuaikan dengan tanggal pencatatan meter yang akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui WhatsApp. Laporan dari pelanggan akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.

(Baca: Pendapatan Tertekan Covid-19, PLN Minta Pemerintah Bayar Utang Rp 48 T)

“Jadi di akhir April ini, pelanggan akan melapor untuk rekening tagihan Mei. Demikian juga pada akhir Mei nanti, kami mohon pelanggan dapat mengirimkan kembali angka stan meter untuk dasar perhitungan tagihan Juni,”kata Yuddy.

Bagi pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama tiga bulan terakhir. “Jadi pelanggan yang tidak bisa melaporkan, tidak perlu khawatir," kata Yuddy.

Halaman: