Tren Berubah Efek Corona, Transaksi Shopee Naik saat Diskon Ramadan

Shopee
(kiri ke kanan) Dennis Adishwara, Daniel Minardi (Head of Brands Management Shopee Indonesia), Sissy Prescilla saat mengumumkan Shopee 10.10 Super Brands Day di Jakarta, Selasa (17/0/2019).
8/5/2020, 12.40 WIB

Shopee mencatat jumlah kunjungan ke platform-nya melonjak 25 kali lipat saat Big Ramadhan Sale, pada Selasa (5/5) lalu. Puncak diskon ramadan ini bertepatan dengan meninggalnya brand ambassador perusahaan, Didi Kempot.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, ramadan tahun ini berbeda dibandingkan sebelumnya karena pandemi corona. Meski begitu, perusahaan masih mencatatkan peningkatan kunjungan dan permintaan produk dibanding hari biasa.

"Shopee mengamati adanya peningkatan kegiatan berbelanja saat kampanye Big Ramadhan Sale 25 kali lipat dibandingkan hari biasanya," kata Handhika dalam siaran pers, hari ini (8/5). (Baca: Shopee Respons Meninggalnya Brand Ambassador, Didi Kempot)

Selain jumlah kunjungan yang meningkat, perusahaan e-commerce asal Singapura ini mencatatkan peningkatan permintaan untuk tiga kategori produk. Ketiganya yakni perlengkapan rumah, makanan dan minuman, serta kebutuhan bayi.

Khusus untuk masker kain dan hand sanitizer, peningkatan mencapai tiga kali lipat. Hal ini terjadi, utamanya setelah penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah.

"Kami melihat lebih banyak masyarakat berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan esensialnya," kata Handhika. Shopee memastikan ketersediaan stok barang aman, dengan harga taraf wajar dan sesuai dengan kondisi pasar. 

(Baca: Survei: Baju dan Alat Ibadah Diminati Saat Ramadan meski Ada Pandemi)

Beberapa produk yang paling banyak dicari pengunjung, yakni aksesoris pengendara motor, kerudung dan pakaian muslim perempuan hingga perlengkapan dapur. Selain itu, permintaan produk kecantikan dan ponsel tetap meningkat.

Yang berbeda di tengah pandemi virus corona yakni permintaan produk untuk deorasi rumah, serta home & living melonjak. (Baca: Pengiriman Barang E-Commerce Terhambat Limitasi Transportasi Efek PSBB)

Shopee pun menggelar tiga program diskon selama Big Ramadhan Sale. Pertama, bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) total Rp 10 miliar lewat fitur gim Shopee Tanam. Kedua, gratis ongkos kirim.

Terakhir, Pasti Diskon 50% untuk barang-barang tertentu. Kampanye Big Ramadhan Sale Shopee ini berlangsung sejak 6 April hingga 25 Mei 2020.

(Baca: Shopee dan Blibli Bidik Transaksi Naik Empat Kali Lipat selama Ramadan)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan