Shopee mencatatkan rekor baru dalam mengawali puncak kampanye terbesar akhir tahun Shopee 12.12 Birthday Sale. Tercatat lebih dari 3 Juta pengguna berkunjung dalam 1 jam pertama Shopee 12.12 Birthday Sale di Indonesia.
Tahun ini, Shopee mencatat peningkatan volume hingga delapan kali lipat dibandingkan 2019. Transaksi individu terbesar yang dilakukan pada 2 jam pertama di 12 Desember bernilai lebih dari Rp 60 juta, dari seorang konsumen yang membeli 3 unit smartphone.
“Dari indikasi awal di satu jam pertama pada 12 Desember ini, kami optimis performa Shopee 12.12 Birthday sale tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia melalui siaran pers, Sabtu (12/12).
Dukung UMKM
Selain promo besar-besaran, Shopee hari ini juga menyelenggarakan acara yang bertajuk “Kerja Bareng untuk Negeri”. Acara ini merupakan bebagai bagian dari komitmen Shopee dalam mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Indonesia di masa pandemi.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pandemi ini mengubah perilaku konsumsi masyarakat. Dari yang dulu membeli produk secara langsung, sekarang semua beralih menuju online.
Sehingga, UMKM harus bisa beradaptasi. “Dengan adanya inisiatif program Kerja Bareng untuk Negeri bersama dengan Shopee, pelaku UMKM diharapkan untuk dapat terus meningkatkan performa bisnis secara optimal dengan terus meningkatkan pengetahuan dan literasi digital, membangun model bisnis yang adaptif serta penguatan akses pasar yang kolaboratif,” ujarnya.
Berikut adalah Databoks mengenai kondisi UMKM di tengah pandemi Covid-19:
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, UMKM merupakan salah satu penggerak roda ekonomi di Indonesia. “Kami mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Shopee Indonesia atas sinergi yang dilakukan dengan pemerintah dalam membantu UMKM, khususnya dalam mendukung keberlangsungan bisnis dan memberdayakan mereka.”
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menambahkan, sinergi antara pemerintah dan pelaku industri di tengah masa sulit ini harus bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang bagi para pelaku UMKM. UMKM memerlukan strategi yang tepat dalam memasuki pasar global.
“Saya yakin UMKM Indonesia memiliki potensi segera pulih dari pandemi Covid-19 dan meningkatkan kapasitas karena kita punya sumber daya alam melimpah dan dukungan pemerintah," ujarnya.
Kerja Bareng untuk Negeri merupakan salah satu bentuk dukungan Shopee terhadap inisiasi gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam inisiatif Kerja Bareng Untuk Negeri, ada berbagai program yang telah diberikan untuk UMKM.
Di antaranya, ada SME Go-Online yang merupakan program edukasi bagi para UMKM binaan Shopee Indonesia dalam menerapkan literasi digital untuk pemasaran. Selama masa pandemi saat ini, program ini dijalankan secara online (virtual) dengan berbagai UMKM binaan Shopee di seluruh Indonesia.
Chairman SEA Group Indonesia Pandu Sjahrir menyatakan, UMKM merupakan komponen penting dalam ekosistem ekonomi di Indonesia. “Shopee sebagai perusahaan digital yang senantiasa mendukung keberlangsungan UMKM binaan melalui platform e-commerce, akan terus berinovasi guna memberikan berbagai program efektif yang dapat secara optimal.”