Riset: Kalahkan Tokopedia, Shopee Pimpin Pasar E-Commerce RI 2020

shopee
Ilustrasi platform Shopee
Penulis: Desy Setyowati
10/2/2021, 16.31 WIB

Riset iPrice menunjukkan, Shopee memimpin dari sisi jumlah kunjungan ke platform e-commerce per bulan di Indonesia sepanjang tahun lalu. Sedangkan Tokopedia berada di urutan kedua.

Secara berurutan pada kuartal I hingga IV 2020, jumlah kunjungan ke platform Shopee di Tanah Air yakni 71,53 juta, 93,44 juta, 96,53 juta, dan 129,32 juta. Sedangkan Tokopedia 69,8 juta, 86,1 juta, 85 juta, dan 114,7 juta.

iPrice juga mencatat, jumlah kunjungan ke platform Shopee merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. “Rata-rata total kunjungan website (di Indonesia) selalu di atas 90 juta per bulan selama 2020,” demikian dikutip dari laporan iPrice, Rabu (10/2).

Sedangkan rata-rata kunjungan ke platform Tokopedia 80 juta per bulan sepanjang tahun lalu. “Yang tertinggi terjadi pada kuartal akhir,” demikian dikutip.

Bukalapak berada di urutan ketiga. Jumlah kunjungan ke platform per bulan secara berurutan pada kuartal I hingga IV 2020 yakni 37,63 juta, 35,29 juta, 31,42 juta, dan 38,58 juta.

Dari sisi jumlah pengikut di media sosial, Tokopedia menduduki peringkat pertama di Twitter dengan sekitar 700 ribu follower selama tahun lalu. Disusul oleh Shopee dengan total pengikut sekitar 540 ribu. Peringkat ketiga ditempati oleh Blibli sekitar 510 ribu.

Di Instagram, Shopee Indonesia menduduki peringkat pertama dengan 7,1 juta pengikut. Lalu Lazada 2,6 juta dan Tokopedia 2,4 juta.

Tokopedia pun menggaet menggaet boyband asal Korea Selatan, BTS dan girl group BLACKPINK sebagai duta merek atau brand ambassador. “Kami percaya bahwa kolaborasi dengan BTS dan BLACKPINK bisa lebih membawa nama Indonesia ke panggung global,” kata Vice President Tokopedia Kevin Mintaraga dalam siaran pers, bulan lalu (26/1).

Selain Tokopedia, Shopee dan Lazada menggaet selebritas asal Korea Selatan sebagai duta merek. Shopee pernah menggandeng BLACKPINK pada akhir 2018.

Dalam tiga bulan, Shopee menyalip Lazada dari sisi jumlah kunjungan terbanyak per bulan ke platform di regional pada awal 2019. Padahal Lazada masih memimpin pada akhir 2018, berdasarkan data iPrice.

Shopee pun menggandeng lebih banyak selebritas Korea Selatan seperti Red Velvet, GFriend, ITZYMamamoo, Monsta X, dan GOT7.

Dengan strategi tersebut, Shopee masih memimpin dari sisi jumlah kunjungan per bulan di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam pada Kuartal II 2020 berdasarkan data iPrice. Sedangkan Lazada unggul di Filipina.

Padahal, Shopee hanya unggul di Vietnam dan Indonesia pada awal 2019. Setelahnya, dominasi perusahaan terus meluas di regional.

Pada akhir tahun lalu, giliran Lazada yang menjajal strategi pemasaran bertajuk hallyu dengan menggandeng Lee Min Ho dalam pagelaran 11.11. Berdasarkan data Statista, Lee menempati urutan teratas sebagai selebritas Korea Selatan terpopuler di Facebook per September 2020.