Facebook dan Instagram Eror Kamis Malam

Katadata
Ilustrasi media sosial
Penulis: Desy Setyowati
29/11/2019, 08.49 WIB

Platfom Facebook dan Instagram kembali eror pada Kamis (28/11) malam. Berdasarkan situs DownDetector, kedua media sosial itu tidak dapat digunakan di Amerika Serikat (AS), sebagian Eropa dan Asia.

Berdasarkan situs DownDetector, Facebook eror pada pukul 8.57 PM hingga 2.27 AM waktu AS. Pengguna yang mengeluh tidak dapat menggunakan media sosial itu di AS, sebagian Eropa, Jepang, Filipina, Singapura, dan Malaysia.

Lalu, pengguna yang mengeluh Instagram eror di AS, Uruguay, Paraguay, sebagian besar Eropa, dan Jepang. Keluhan terjadi pada 8.47 PM hingga 1.02 AM waktu AS. Setidaknya ada sekitar 8 ribu keluhan di DownDetector.

Padahal, pada malam tadi warga di AS mayoritas membagikan unggahan terkait Thanksgiving. Facebook Inc mengatakan sedang berupaya untuk persoalan tersebut.

(Baca: Twitter Ramai Keluhan Soal Telkomsel, WhatsApp dan Instagram Eror)

Perusahaan asal AS itu mengatakan, ada masalah pada sistem perangkat lunak pusat yang memicu platform Facebook dan Instagram eror. "Kami dengan cepat menyelidiki, mulai memulihkan akses, dan kami sekarang memantau pemulihan penuh," kata Juru Bicara Facebook dalam pernyataan resmi dikutip dari CNBC Internasional, Jumat (29/11).

Hal senada disampaikan oleh Instagram. “#InstagramDown, ”kata Tim Administrasi Instagram melalui akun resminya di Twitter.

Halaman: