Pendapatan Raksasa Game Tencent Turun Efek Kebijakan Pembatasan Cina

pubg.com
Ilustrasi PUBG.
Penulis: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati
18/8/2022, 11.07 WIB

Tencent mencatat penurunan pendapatan pertama kali karena peraturan ketat seputar game di Cina dan kebangkitan Covid-19 pada ekonomi terbesar kedua di dunia.

Pada kuartal kedua, pendapatan TenCent sebesar 134,03 miliar yuan Tiongkok atau Rp 291,9 triliun. Pencapaian ini turun 3% dibandingkan tahun lalu dan belum mencapai target 134,6 miliar yuan atau Rp 293 triliun.

Sedangkan laba yang dapat diatribusikan kepada pemegang ekuitas perusahaan hanya sebesar 18,62 miliar yuan atau Rp 40,56 triliun. Laba ini mengalami penurunan 56% dan tak melebihi target yang ditetapkan 25,28 miliar yuan.

Hantaman kinerja Tencent karena dampak ekonomi makro dari meluasnya Covid-19 di Cina yang menyebabkan lockdown atau karantina di beberapa kota termasuk kota metropolitan keuangan Shanghai.

Pemerintah Cina berkomitmen mengejar kebijakan “Nol Covid” yang menyebabkan gangguan di seluruh ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Ekonomi Cina tumbuh hanya 0,4% pada kuartal kedua, meleset dari ekspektasi analis. Hal ini berdampak pada pendapatan fintech, cloud, dan iklan perusahaan.

Industri video game domestik Cina juga menghadapi tantangan karena regulasi ketat. Sepertiga penghasilan dari total pendapatan Tencent berasal dari game.

Pada tahun lalu Cina membuat aturan yang membatasi jumlah waktu yang dapat dihabiskan anak-anak di bawah 18 tahun untuk bermain game online. Aturan tersebut adalah bermain hingga maksimal tiga jam seminggu dan hanya selama waktu tertentu.

Cina juga menunda persetujuan game baru antara Juli 2021 hingga April tahun ini. Di China, game perlu mendapat lampu hijau dari regulator sebelum dirilis dan dimonetisasi.

Mengutip dari CNBC Internasional, seorang analis di China Renaissance mengatakan bahwa Tencent hanya meluncurkan tiga game seluler pada kuartal kedua. Jadi perusahaan mengandalkan judul populer yang ada untuk menghasilkan pendapatan.

Tencent mengatakan pendapatan game domestik kuartal kedua turun 1% YoY menjadi 31,8 miliar yuan atau Rp 69 triliun, sedangkan pendapatan game internasional turun 1% YoY menjadi 10,7 miliar yuan atau Rp 23 triliun.

Raksasa teknologi China mengatakan pasar game internasional mengalami ‘periode pencernaan pasca-pandemi’. Selama puncak pandemi Covid dan lockdown secara global, orang-orang beralih ke game untuk hiburan dan perusahaan.

Tetapi karena negara-negara telah dibuka kembali, orang-orang menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bermain game dan perbandingan YoY untuk perusahaan sulit dilakukan.

Tencent juga mengatakan pasar China mengalami hal yang sama karena masalah transisi termasuk rilis game besar yang relatif lebih sedikit, pengeluaran pengguna yang lebih rendah, dan penerapan langkah-langkah perlindungan kecil.

Perusahaan mengatakan terjadi penurunan pendapatan pada kuartal kedua dari beberapa game hit lama seperti PUBG Mobile dan Honor of Kings.

Pada panggilan pendapatan dengan analis pada Rabu, Presiden di Tencent Martin Lau mengatakan bahwa lingkungan peraturan di Cina berkembang dari perbaikan ke normalisasi, yang seharusnya menjadi pertanda baik bagi industri dari waktu ke waktu. Dia mengatakan di sektor game, regulasi sedang tren ke arah yang lebih positif.

Lau menambahkan bahwa dia mengharapkan Tencent menerima lisensi game dari regulator dalam waktu dekat. Sehingga membantu bisnis game domestik perusahaan dari waktu ke waktu.

Kebangkitan Covid di Cina, dan perlambatan ekonomi menyebar ke area utama bisnis Tencent.

Pendapatan iklan online pada kuartal kedua mencapai 18,6 miliar yuan atau Rp 40,5 triliun, turun 18% YoY.

Tencent juga menjalankan salah satu layanan pembayaran seluler terbesar di China bernama WeChat Pay melalui aplikasi perpesanan WeChat yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.

Perusahaan juga memiliki bisnis komputasi cloud dan pendapatan dari keduanya di bidang fintech dan layanan bisnis.

Pendapatan dari segmen ini tumbuh 1% YoY menjadi 42,2 miliar yuan atau Rp 91,9 triliun, melambat dari kuartal sebelumnya.

Tencent mengatakan pertumbuhan pendapatan Layanan FinTech lebih lambat dibandingkan kuartal sebelumnya karena kebangkitan COVID-19. Hal itu berdampak pada aktivitas pembayaran komersial pada bulan April dan Mei.

Dalam acara tersebut, manajemen Tencent mengungkapkan strategi ‘pengendalian biaya’ perusahaan untuk mengurangi pengeluaran dalam bisnis. Lau mengatakan bahwa Tencent telah menutup beberapa bisnis yang terkait dengan bidang-bidang seperti pendidikan online dan mengurangi aktivitas cloud yang merugi.

Chief Strategy Officer Tencent James Mitchell mengatakan bahwa dengan inisiatif pengendalian biaya ini, pertumbuhan pendapatan YoY akan kembali pada kuartal mendatang. “Meski pendapatan Tencent tetap seperti sekarang,” katanya.

CEO Tencent Ma Huateng mengatakan dalam rilis pendapatan perusahaan bahwa bisnis harus meningkat karena ekonomi Cina mulai pulih.

Ma mengatakan bahwa Tencent menghasilkan sekitar setengah dari pendapatan berasal dari fintech dan layanan bisnis serta periklanan online yang secara langsung berkontribusi. Ia optimis Tencent akan mengalami pertumbuhan pendapatan seiring dengan berkembangnya ekonomi Cina.

Reporter: Lenny Septiani