Laju IHSG Tunggu Cawapres Jokowi

KATADATA/
KATADATA | Arief Kamaludin
Penulis:
Editor: Arsip
16/5/2014, 00.00 WIB

KATADATA ? Semakin jelasnya peta koalisi partai politik menjelang pemilihan presiden mendorong indeks harga saham gabungan (IHSG) menembus level 5.000. Dalam penutupan perdagangan Jumat (16/5), IHSG menguat 0,8 persen ke posisi 5.031,6 poin.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan dengan hanya dua pasang calon presiden yang bertarung, membuat proses pemilihan umum (pemilu) berlangsung cepat. Ini dapat mengurangi kekhawatiran investor jika pemilu berlangsung dua putaran karena menimbulkan ketidakpastian politik yang semakin lama.

"Jika terjadi (pemilihan presiden satu putaran) Juni sudah ada presiden. Sehingga proses ketidakpastian politiknya jauh lebih rendah," ujar Chatib di Kementerian Keuangan, Jumat (16/5).

Chatib juga menilai pasar melihat sentimen positif defisit transaksi berjalan pada kuartal I/2014 sebesar 2,06 persen dari produk domestik bruto (PDB), turun dibanding kuartal IV/2013 sebesar 2,12 persen. Angka inflasi juga membaik yaitu 7,32 persen (YoY) pada kuartal I/2014, turun dibanding kuartal IV-2013 sebesar 8,38 persen.

Dari sisi eksternal, data ekonomi Amerika Serikat tidak sebaik diperkirakan. "Sehingga kemudian arus modal kembali ke emerging market," ujarnya.

Senada dengan Chatib, Direktur Danareksa Sekuritas Purbaya Yudhi Sadewa yang menilai pergerakan IHSG yang positif lebih dipengaruhi faktor internal euforia politik. Ketikdapastian politik tidak terlalu panjang jika calon presiden mengerucut dua orang.

Halaman:
Reporter: Rikawati, Desy Setyowati