Indonesia memiliki potensi pasar digital terbesar di Asia Tenggara. Ini dapat dilihat dari total nilai penjualan (gross merchandise value/GMV) yang diperkirakan sebesar US$ 70 miliar pada 2021. Dari nilai tersebut, e-commerce menjadi pendorong utama ekonomi digital Indonesia dengan GMV sebesar US$ 35 miliar.
Tokopedia dan Shopee adalah dua perusahaan e-commerce dengan pangsa terbesar di Indonesia. Pada 2020, Shopee berhasil mencatat nilai transaksi sebesar US$14,2 miliar sementara Tokopedia sebesar US$14 miliar.
Sementara dari tingkat kunjungan bulanan, Tokopedia berhasil berada di puncak dengan 158,1 juta kunjungan per bulan pada kuartal III-2021. Sedangkan Shopee sebanyak 134,4 juta kunjungan.
Kendati demikian, jika dilihat dari persebaran pasarnya, Tokopedia masih berfokus di Indonesia. Sementara Shopee telah merambah ke tujuh negara di Asia Tenggara.