Memahami Struktur Teks Pidato Persuasif dan Contohnya

Freepik
Ilustrasi, pidato.
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Agung
14/8/2023, 10.00 WIB

Penyampaian gagasan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk verbal dan nonverbal, salah satunya yaitu dengan menyampaikan pidato.

Pidato merupakan tulisan yang berisi argumen, gagasan, dan ide yang tertuang melalui kalimat-kalimat. Tersusun atas beberapa paragraf, pidato disampaikan dengan tujuan tertentu yang akan ditentukan berdasarkan segmentasi pendengarnya.

Terkait dengan itu, ulasan berikut ini akan membahas tentang struktur teks pidato persuasif.

Ilustrasi, pidato (Mind Tools)

Pengertian Pidato

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Pidato juga diartikan sebagai wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Mengutip dari Britannica Dictionary, pidato didefinisikan sebagai ekspresi, ide, pendapat, gagasan, dan lain-lain yang diucapkan, dibuat oleh seseorang yang disampaikan secara lisan di depan sekelompok pendengar.

Rusmadi melalui bukunya yang berjudul Teknik dan Cara Berpidato (1992) menjelaskan bahwa pidato adalah cara berbicara di hadapan orang banyak atau di depan umum dalam rangka menyampaikan suatu masalah untuk mencapai tujuan tertentu.

Emha Abdurrahman melalui buku Teknik dan Pedoman Berpidato (2001) mendefinisikan pidato sebagai sebuah kegiatan berbicara di depan umum. Disebutkan juga bahwa pidato dilakukan untuk menyampaikan pendapat atau uraian. Diungkapkan secara lisan, informasi di dalamnya membahas tentang masalah tertentu.

Sementara Syam (2006) menjelaskan bahwa pidato adalah teknik pemakaian kata-kata atau bahasa secara efektif yang berarti keterampilan atau kemahiran dalam memilih kata yang dapat mempengaruhi komunikan.

Pada buku Hukum Komunikasi Jurnalistik (2000), M. Djen Amar menyampaikan bahwa pidato adalah hal yang terkait pada tiga hal. Di antaranya yaitu pembicara atau komunikator yang menyampaikan sesuatu dengan lisan. Lalu, ditinjau dari isi pembicaraan, pidato disampaikan secara lisan. Kemudian yang ketiga, pendengar atau audiens disebut sebagai komunikan.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pidato terdiri atas paragraf-paragraf yang jenisnya ditinjau dari tujuannya. Misalnya persuasif untuk mengajak pendengar melakukan sesuatu, deskriptif untuk memberikan gambaran, informatif untuk menginformasikan sesuatu, dan lain-lain.

Pengertian Pidato Persuasif

Menurut KBBI, persuasif bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Teks persuasive biasa disampaikan menggunakan alasan-alasan implisit.

Sementara pidato persuasif memiliki definisi berupa pidato yang berisi gagasan dengan tujuan mengajak, membujuk, menghasut, dan meyakinkan pendengar untuk percaya dengan apa yang disampaikan pembicara. Kalimat disampaikan untuk mengubah pandangan mau pun perilaku audiens.

Adapun yang akan dibahas lebih lanjut kali ini yaitu tentang struktur teks pidato persuasif. Selengkapnya, simak tulisan di bawah ini.

Struktur Teks Pidato Persuasif

1. Pembukaan

Pada struktur teks pidato persuasif, pembukaan berisi salam, ucapan kehormatan, dan rasa syukur.

2. Isi

Isi merupakan bagian struktur teks pidato persuasif yang membahas tentang inti dari topik yang dibawakan pembicara. Bagian ini merupakan yang paling penting dan dapat mempengaruhi pandangan audiens terhadap hal yang disampaikan.

Melansir Quipper, berikut tahapan kalimat persuasif atau isi dari pidato:

  • Pernyataan Posisi

Bagian ini menentukan posisi pembicara terhadap topik yang dibicarakan.

  • Tahap Argumen

Argumen dapat diisi dengan gagasan, data, contoh, dan analogi untuk menggambarkan dampak terkait suatu hal.

  • Penguatan Pernyataan Posisi

Bagian ini menegaskan posisi pembicara dengan argumen yang disampaikan.

Contoh Pidato Persuasif

Berikut ini beberapa contoh pidato persuasif sebagai referensi.

1. Pidato Persuasif tentang Menghargai Guru

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat kepada Bapak/Ibu Guru, serta teman-teman semua, pertama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena, sampai saat ini masih memberikan nikmat berupa sehat dan iman.

Sehingga, masih diberi kesempatan berkumpul di hari bahagia ini. Tidak lupa mari panjatkan doa juga bagi Bapak/Ibu Guru serta teman yang sedang sakit dan belum bisa hadir ditengah kita.

Teman-teman yang saya cintai, Bapak/Ibu guru adalah pahlawan bagi kita semua. Mereka memberikan segenap ilmu, kasih sayang dan waktu hanya untuk mendidik, memastikan semua muridnya pintar.

Tidak ada yang bisa dilakukan untuk membalas semua jasa tersebut, termasuk dengan uang melimpah. Jasa itu tetap membekas dalam hati, untuk itu mari sejak sekarang hargai, hormati, dan patuh.

Jangan membantah, apalagi berani dengan mereka. Mari mulai detik ini menghargai Guru setulus hati. Bapak/Ibu di sekolah tidak meminta apa-apa, hanya kesuksesan semua anak didiknya, itu saja.

Sekian dulu pidato singkat dari saya, jika ada salah kata mengenai apa yang disampaikan mohon maaf. Semoga, setelah ini kita bisa lebih menghargai Bapak/Ibu di sekolah, seperti orang tua sendiri.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Ilustrasi, pidato (Unsplash)

2. Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada permukiman di tepian sungai, antara rumah satu dengan yang lain dihubungkan dengan titian, dan setiap rumah memiliki batang, yaitu sejenis rakit yang ditempatkan di sungai depan rumah yang berfungsi sebagai tempat mandi, cuci, dan jamban (MCK), serta sekaligus tempat menambatkan jukung.

Karena sungai bagi masyarakat Banjar, khususnya yang tinggal di tepian sepanjang sungai, tidak hanya sebagai tempat arus transportasi atau mobilisasi manusia, tetapi tempat pemasaran komoditas perdagangan dan pemenuhan kebutuhan rumah tangga, seperti air minum, mandi, dan lain-lain.

Oleh karena itu sungai perlu dijaga kebersihannya, yaitu tidak membuang sampah ke sungai, dan tidak membuat MCK di pinggiran sungai yang menyumbang tercemarnya air sungai. Pencemaran tidak hanya bakteri koli, berbagai limbah yang secara langsung maupun tidak langsung dapat membahayakan kesehatan bagi masyarakat, sebab pemenuhan kebutuhan rumah tangga seperti air minum bersumber pada air sungai.

Demikian pembahasan tentang struktur teks pidato persuasif beserta contohnya. Anda dapat membawakannya sebagai pengambilan nilai di kelas atau kegiatan sosialisasi terhadap kelompok masyarakat tertentu.