Kendalikan Harga Minyak Goreng, Luhut Ingin Semua Pihak Untung

Annissa Mutia
5 Juni 2022, 19:23
harga minyak goreng, minyak goreng, luhut pandjaitan, dmo minyak goreng
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Pedagang memasukkan minyak goreng curah ke dalam kantong plastik di Pasar Senen, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa pemerintah mengeluarkan langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan dan mengendalikan harga minyak goreng di dalam negeri.

Menurutnya, permasalahan minyak goreng tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi dunia sekarang. Di saat pandemi belum selesai, dunia dihadapkan oleh perang Rusia-Ukraina, yang kemudian memicu kenaikan berbagai harga komoditas, terutama pangan dan energi, hingga adanya inflasi.

Advertisement

“Di tengah kondisi seperti ini, tidak mudah mengendalikan harga minyak goreng. Kita memperbaiki tata kelola minyak goreng dan kelapa sawit dari hulu sampai hilir, sehingga berkeadilan kepada masyarakat dan penerimaan negara juga akan bertambah,” ujar Luhut pada konferensi pers virtual Ketersediaan dan Keterjangkauan Minyak Goreng, Minggu (5/6/2022).

Dia menjelaskan, di hulu pemerintah perlu terus menyejahterakan petani sawit. Di hilir, pemerintah harus menjamin masyarakat dapat mencari dan membeli minyak goreng dengan harga yang wajar.

“Kami juga menyakinkan produsen minyak goreng bahwa mereka dapat bergerak dan mendapat laba yang sesuai atas jasa produksi yang mereka lakukan,” tutur Luhut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement