Kasus Covid-19 Melonjak, Tahan Dulu Berwisata

Arofatin Maulina Ulfa
25 Juni 2021, 07:15
Kasus Covid-19 Melonjak, Tahan Dulu Berwisata
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wsj.
Anak-anak bermain di kawasan objek wisata tsunami Kapal di Atas Rumah di Desa Lampulo, Banda Aceh, Aceh, Rabu (9/6/2021).

Meski kasus Covid-19 di Tanah Air melonjak begitu tinggi, masih ada sejumlah tempat wisata yang tetap buka. Hal ini perlu menjadi perhatian mengingat masa libur anak sekolah akan dimulai pada 26 Juni hingga 10 Juli 2021.

Para orang tua sebaiknya menahan diri untuk tidak mengunjungi tempat wisata bersama anak-anak. Apalagi sebanyak 235.527 atau 12,5 persen kasus menimpa anak usia 0 sampai 18 tahun.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 15 Juni, angka kematian pasien dengan rentang usia 0-18 tahun mencapai 643 kasus. Kelompok usia 0-2 tahun menyumbang angka kematian terbanyak yakni 251 anak.

Menurut laporan Monitoring Kepatuhan Protokol Kesehatan Nasional Per 13 Juni 2021 yang dikeluarkan Satgas Covid-19, tempat wisata juga merupakan area dengan tingkat kepatuhan protokol kesehatan yang rendah.

Berdasarkan laporan tersebut, tingkat kepatuhan masyarakat memakai masker paling rendah ada di tempat wisata dengan persentase kepatuhan sebesar 65,35 persen. Menurut Satgas Penanganan Covid-19, rendahnya tingkat kepatuhan memakai masker karena masyarakat ingin bersantai.

Alhasil, banyak masyarakat yang abai dan kerap tak disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Padahal pemakaian masker merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan Covid-19.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...