Infografik: Wajah Baru Ibu Kota Indonesia

Lokasi ini dianggap strategis karena minim risiko bencana dan berada di tengah Indonesia.
Andrea Lidwina
Oleh Andrea Lidwina
28 Agustus 2019, 07:25

Presiden Joko Widodo menetapkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai lokasi ibu kota baru, tepatnya di Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegra dan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Lokasi ini dianggap strategis karena minim risiko bencana, berada di tengah Indonesia, dekat dengan Balikpapan dan Samarinda yang merupakan kota berkembang, memiliki infrastruktur yang relatif lengkap, dan tersedia lahan negara seluas 180 ribu hektar.

Proses pemindahan ibu kota ditargetkan mulai dilakukan pada 2024. “Tahun depan adalah fase persiapan final, baik masterplan, urban design, building design, dasar perundang-undangan, dan penyiapan lahan. Pembangunan infrastruktur bisa dimulai pada akhir 2020. 2024 itu paling lambat kita lakukan pemindahan pusat pemerintahan,” jelas Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Istana Negara, Senin (26/8).

Biaya yang dibutuhkan untuk memindahkan ibu kota mencapai Rp 466 triliun. Namun, hanya 19,2 persen dari jumlah tersebut yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari pengelolaan aset. Sementara itu, sisa pembiayaan akan menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dan investasi swasta.