Pertumbuhan Ekonomi Negara-negara di Asia Melambat

Andrea Lidwina
8 Juli 2020, 12:21

Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi negara-negara di Asia menurun pada 2020 akibat krisis pandemi Covid-19. Negara-negara berkembang diramal mengalami kontraksi, seperti Filipina (-3,6 persen), Malaysia (-3,8 persen), India (-4,5 persen), dan Thailand (-7,7 persen). Indonesia diprediksi memiliki pertumbuhan ekonomi -0,3 persen.

(Baca: Proyeksi Suram Ekonomi Indonesia)

Negara-negara maju di Asia diperkirakan mengalami hal serupa. Ekonomi Jepang akan turun tajam dari 0,7 persen menjadi -5,8 persen, lalu Korea Selatan akan mencatat kemerosotan dari 2 persen menjadi -2,1 persen. Pada April 2020, IMF juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Singapura sepanjang tahun ini -3,5 persen.

(Baca: Proyeksi Ekonomi RI Melesat Tahun Depan)

Meski begitu, masih ada negara yang diprediksi memiliki pertumbuhan ekonomi positif. Tiongkok akan tumbuh satu persen, sementara Vietnam akan tumbuh 2,7 persen berdasarkan proyeksi April 2020.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.