Peran Korporasi dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Sejumlah perusahaan turut ambil peranan dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan menghibahkan ventilator, pelindung diri, serta peminjaman aset kendaraan dan gedung untuk ruangan isolasi.
Andrea Lidwina
Oleh Andrea Lidwina
17 Agustus 2020, 12:05

Sejumlah perusahaan turut ambil peranan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Seperti memproduksi peralatan kesehatan berupa ventilator hingga pelindung diri, serta peminjaman aset kendaraan dan gedung untuk ruangan isolasi.

Beberapa perusahaan tersebut antara lain, PT Pindad yang memberikan 300 unit ventilator Covent-20, PTDI (139 unit Vent-I), dan Len Industri (100 unit BPPT3S-LEN). Dharma Precision Tools dan Gerlink Utama Mandiri juga memproduksi ventilator jenis lain. Masing-masing bernama DHARCOV-23S (200 unit) dan GERLIP HFNC-01 (lima unit).

Kemudian, Pindad Enjiniring Indonesia, Indofarma, dan Pan Brothers terlibat dalam produksi alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan, seperti hazmat dan helm face shield.

Sementara Nissan Motor Indonesia meminjamkan lima unit mobil pada Gugus Tugas Covid-19 untuk membantu operasional relawan. Perusahaan teknologi informatika Anabatic Technologies juga meminjamkan gedung pelatihan karyawan berkapasitas 200 orang. Gedung ini bisa digunakan untuk isolasi pasien virus corona.

Lalu, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh dan Ketua Umum HIPMI Mardani H. Maming memperbolehkan hotelnya dipakai sebagai posko tenaga kesehatan maupun ruang karantina.

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.