Persaingan Dua Raksasa E-Commerce di Indonesia

Dwi Hadya Jayani
22 Desember 2021, 09:35

Indonesia memiliki potensi pasar digital terbesar di Asia Tenggara. Ini dapat dilihat dari total nilai penjualan (gross merchandise value/GMV) yang diperkirakan sebesar US$ 70 miliar pada 2021. Dari nilai tersebut, e-commerce menjadi pendorong utama ekonomi digital Indonesia dengan GMV sebesar US$ 35 miliar. 

Tokopedia dan Shopee adalah dua perusahaan e-commerce dengan pangsa terbesar di Indonesia. Pada 2020, Shopee berhasil mencatat nilai transaksi sebesar US$14,2 miliar sementara Tokopedia sebesar US$14 miliar. 

Sementara dari tingkat kunjungan bulanan, Tokopedia berhasil berada di puncak dengan 158,1 juta kunjungan per bulan pada kuartal III-2021. Sedangkan Shopee sebanyak 134,4 juta kunjungan.    

Kendati demikian, jika dilihat dari persebaran pasarnya, Tokopedia masih berfokus di Indonesia. Sementara Shopee telah merambah ke tujuh negara di Asia Tenggara.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.