Minum Kopi Pahit Bisa Mencegah Omicron?

Membersihkan saluran kemih bukan merupakan cara yang tepat karena virus penyebab Covid-19, termasuk varian Omicron, berada di saluran napas dan menyebar ke paru-paru
Image title
28 Februari 2022, 08:56

Berbagai cara dilakukan untuk mencegah terpapar Covid-19, termasuk varian Omicron. Salah satunya dengan meminum kopi pahit yang diyakini dapat menjauhkan dari virus corona. Informasi ini banyak beredar di media sosial.

Disebutkan kopi tanpa gula dapat memicu tubuh untuk cepat buang air kecil sehingga membuat semua virus yang ada di dalam tubuh terkuras. Kopi pahit juga diklaim bisa meningkatkan semangat.

Namun berdasarkan keterangan ahli patologi klinis Universitas Sebelas Maret Surakarta, Tonang Dwi Ardyanto, klaim mencegah Omicron dengan minum kopi pahit adalah tidak benar. Menurutnya, hal tersebut justru berisiko tinggi terutama jika seseorang memiliki respons yang kuat terhadap kopi.

Kopi memang mengandung kafein dan bersifat diuretik (meningkatkan pembentukan dan laju urine) sehingga mendorong lebih banyak produksi urine. Bagi mereka yang memiliki respons kuat bahkan cenderung berlebih terhadap kopi, maka respons diuretiknya juga bisa berat hingga menyebabkan dehidrasi, kerusakan ginjal, dan saluran kemih.

Tonang juga menyebutkan, membersihkan virus corona melalui saluran kemih bukan merupakan cara yang tepat. Virus penyebab Covid-19 berada di saluran napas dan menyebar ke paru-paru. Bukan melalui saluran darah atau saluran kemih.

“Hanya sebagian kecil virus corona yang bisa sampai ke pembuluh darah atau saluran cerna, tetapi itu sangat jarang sekali terjadi,” katanya.

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.