Tip Pantau Kesehatan Sendiri Saat Isolasi Mandiri

Arofatin Maulina Ulfa
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
31 Januari 2021, 13:44
Seorang warga positif COVID-19 berada di dalam rumahnya di Kelurahan Kejambon, Tegal, Jawa Tengah, Rabu (28/10/2020). Warga tersebut beserta lima anggota keluarganya melakukan isolasi mandiri karena positif COVID-19, sehingga para tetangga di daerah terse
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc.

Penularan Covid-19 di Indonesia masih terus terjadi. Per 30 Januari 2021, kasus positif Covid-19 mencapai 14.518 orang. Angka tersebut membuat jumlah kasus harian kembali memecahkan rekor. Sementara fasilitas kesehatan untuk perawatan Covid-19 semakin menipis. DKI Jakarta misalnya, kapasitas RS rujukan untuk perawatan Covid-19 per 17 Januari 2021 hanya tersisa 13 persen.

Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta pasien Covid-19 yang tak bergejala melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal ini untuk mengurangi beban rumah sakit.

"Tolong, Bapak, Ibu yang masih tidak demam, tidak sesak napas tapi dites positif, Bapak Ibu tuh masih bisa melakukan isolasi mandiri," kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/1/2021).

⁠Kondisi ini menuntut pasien isolasi mandiri (isoman) untuk dapat memastikan kondisi mereka secara mandiri. Berikut beberapa tips untuk memeriksa kondisi kesehatan sendiri saat isoman.

1. Rutin Cek Suhu 

Untuk mendeteksi gejala infeksi Covid-19, suhu tubuh merupakan indikator paling mudah. Hal ini dijelaskan Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dr Shela Rachmayanti tentang pentingnya mengukur suhu tubuh di masa pandemi.

“Kenapa penting banget mengukur suhu di masa pandemi Covid-19 ini? Pertama jawabannya adalah karena salah satu gejala dari infeksi Covid-19 adalah peningkatan suhu tubuh atau demam. Kedua batuk kering, kemudian sesak napas atau sampai ada yang menyatakan rasa lemah, kemudian nyeri sendi dan sebagainya sehingga diare,” kata Shela dalam diskusi di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Untuk itu, pastikan untuk selalu memantau kondisi tubuh dengan thermometer yang banyak dijual di pasaran. Dengan mengecek suhu secara berkala akan sangat membantu pemantauan dalam proses pemulihan saat isolasi mandiri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...