Tahun Ini, Investasi Hulu Pertamina Turun Rp 5 Triliun

Anggita Rezki Amelia
17 Januari 2019, 14:50
Blok Migas Pertamina Hulu Energi
Pertamina Hulu Energi

PT Pertamina (Persero) menganggarkan investasi sektor hulu tahun ini sebesar US$ 2,5 miliar atau turun 13,7% dari realisasi tahun lalu yang mencapai US$ 2,9 miliar. Investasi itu untuk kegiatan hulu minyak dan gas bumi (migas); serta panas bumi.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu mengakui target invetasi hulu tersebut memang turun, namun bukan berarti ada proyek yang tidak jalan. Penurunan tersebut salah satunya karena ada upaya efisiensi.

Adapun, realisasi investasi tahun lalu itu pun sebenarnya masih di bawah target. "Realisasi 2018 itu 96% dari targetnya," kata Dharmawan di Jakarta, Kamis (17/1).

Menurut Dharmawan, realisasi investasi tahun lalu mayoritas dipakai untuk membayar bonus tanda tangan Blok Rokan. Pertamina akhir tahun lalu membayar bonus tanda tangan sebesar US$ 783 juta.

Jika dirinci, investasi Pertamina itu terbagi untuk beberapa anak usahanya. PT Pertamina EP Cepu, akan berinvestasi U$ 310 juta untuk proyek jambaran Tiung Biru yang akan mengebor enam sumur pengembangan pada Juli mendatang.

Pertamina Hulu Energi, tahun ini, akan menggelontorkan investasi US$ 448 juta. Investasi PHE itu untuk  mengebor sejumlah sumur tahun ini untuk mencapai target produksi, di antaranya pengeboran 45 sumur pengembangan juga 13 sumur eksplorasi.

Investasi paling untuk Blok Mahakam yakni  US$ 1,8 miliar. Pertamina dalam RKAP 2019 menargetkan pengeboran di Mahakam mencapai 108 sumur dengan menggunakan lima rig pengeboran.  Alhasil untuk hulu migas tahun ini sbesar us$ 2,3 miliar, dan sisanya US$ 153 juta  dialokasikan untuk panas bumi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...