Pertamina Siapkan Infrastruktur BBM Jika Ibu Kota Pindah Palangkaraya

Anggita Rezki Amelia
13 Juli 2017, 10:14
tangki BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) tidak khawatir dengan kesiapan infrastruktur Bahan Bakar Minyak (BBM) jika pemerintah pusat memindahkan ibu kota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Sampai saat ini sudah ada infrastruktur di sekitar kawasan tersebut untuk menjamin kelancanran pasokan BBM.

Direktur Pemasaran Pertamina Muchammad Iskandar mengatakan di Kalimantan Tengah sudah ada tiga infrastruktur BBM berupa terminal penampungan. Infrastruktur ini tersebar di Sampit, Terminal Bun dan Pulang Pisau. "Terminal BBM tersebut bisa memasok kebutuhan BBM Palangkaraya," kata dia di Jakarta, Rabu (12/7).

(Baca: Menteri PU: Tiga Provinsi di Kalimantan Jadi Calon Ibu Kota Baru)

Namun jika rencana pemerintah memindahkan ibu kota itu terealisasi, Pertamina tetap membangun infrastruktur tambahan untuk menunjang pasokan di Kota Palangkaraya. Salah satunya dengan memasang pipa dari terminal BBM Sampit menuju Kota Palangkaraya. 

Opsi pipanisasi dari Sampit ini dipilih, karena kalau daerah lain seperti Pulang Pisau harus melewati sungai. Selain itu Sampit juga memiliki pelabuhan sehingga kapal tangker untuk memasok BBM yang akan dialirkan ke Palangkaraya bisa melewatinya.

Di sisi lain, Pertamina sampai saat ini belum berencana menambah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Palangkaraya. Alasannya jumlah SPBU yang ada sudah cukup memenuhi kebutuhan kota tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...