Perombakan di ESDM, Tunggal Menjabat Direktur Hulu Migas

Dari proses lelang itu, sebenarnya terpilih 13 nama yang kemudian diajukan ke Menteri ESDM. Tapi, nama Tunggal tidak masuk dalam 13 nama tersebut.
Arnold Sirait
19 Juli 2016, 22:22
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin | Katadata

Perombakan pejabat di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga merembet ke posisi Direktur Hulu Minyak dan Gas Bumi. Tunggal akan menduduki posisi tersebut menggantikan Djoko Siswanto.

Rencananya, Tunggal akan dilantik oleh Menteri ESDM Sudirman Said bersamaan dengan para pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, Rabu (20/7). Djoko pun mengakui pergantian tersebut. “Iya (Tunggal menjabat sebagai Direktur Hulu),” katanya kepada Katadata, Selasa (19/7).

Tunggal sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. Sementara itu, Djoko akan menempati posisi baru sebagai Direktur Teknik dan Lingkungan Migas. Posisi ini kosong setelah pejabat sebelumnya, Naryanto, meninggal dunia pada 10 Mei lalu. (Baca: Kementerian ESDM Rombak Jajarannya Pekan Depan)

Posisi Direktur Hulu Migas ini memang sudah dilelang Kementerian ESDM sejak akhir Mei lalu. Selain Direktur Hulu, kementerian juga melelang posisi Direktur Penerimaan Mineral dan Batubara, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana, dan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi. 

Advertisement

Dari proses lelang tersebut, sebenarnya sudah terpilih 13 nama yang diajukan kepada Menteri ESDM . Namun, dalam daftar itu, tidak tercantum nama Tunggal. (Baca: Lelang Jabatan, Kementerian ESDM Akan Rotasi Direktur Hulu Migas)

Dikutip dari situs Kementerian ESDM, 13 nama itu adalah Alimuddin Baso, Aries Setyarto, Bambang Priandoko, Bambang Priyambodo, Hadijah, dan Hendra Iswayudi. Selain itu, Henk Subekti, I Gusti Suarnaya Sidemen, dan M.P. Dwi Nugroho. Ada juga nama Muhammad Abduh, Patuan Alfon, Upik Jamil, Wakhid Hasyim.

Menteri ESDM kemungkinan juga akan melantik Kepala Badan Geologi dan Staf Ahli Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam. Kamis (14/7) pekan lalu, Sudirman sudah menyerahkan nama-nama calon pengisi posisi itu kepada Presiden Joko Widodo untuk diproses oleh Tim Penilai Akhir (TPA). “Siapa saja namanya nanti saja diumumkan,” kata Dirjen Migas I.G.N. Wiratmaja Puja. 

Menteri ESDM juga menambah jumlah karyawan di lingkungan Kementerian ESDM sebanyak 445 orang. Sebab, ada penambahan empat unit baru, yakni Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Direktorat Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Direktorat Penerimaan Mineral dan Batubara dan Inspektorat V.

Selama dua tahun menjabat sebagai Menteri ESDM, Sudirman memang kerap merombak posisi para pejabat di lingkungan kementeriannya. Sebelum ini, ada 617 posisi pemimpin di Eselon 1, 2 dan 3 telah mengalami promosi, rotasi dan juga demosi. (Baca: Kementerian ESDM Bentuk Dua Direktorat Khusus Infrastruktur)

Sudirman pernah mengatakan rotasi yang dilakukan selama periode kepemimpinannya tercatat yang terbanyak sepanjang sejarah Kementerian ESDM. “Sekretraris Jenderal pernah bilang, kami tidak pernah melakukan rotasi sebanyak ini,” kata dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait