Ingin Borong Minyak, Pertamina Sewa Tangki Minyak Chevron

Arnold Sirait
15 Februari 2016, 13:57
Kilang Minyak
KATADATA

KATADATA -  PT Pertamina (Persero) tidak ingin melewatkan momentum rendahnya harga minyak dunia. Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) milik negara (BUMN) ini berencana memborong minyak sebanyak mungkin. Namun, rencana tersebut menghadapi masalah keterbatasan tangki penyimpanan minyak. Solusinya, Pertamina tengah menjajaki penggunaan kilang milik perusahaan migas lain.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, banyak kontraktor migas yang menurunkan produksinya sejak harga minyak turun. Kondisi tersebut menjadi peluang Pertamina menyewa tangki milik swasta yang tidak digunakan. Apalagi, pemerintah juga sangat menyarankan hal tersebut. "Salah satu yang sudah kami ajak bicara itu (menyewa) tangki milik Chevron," kata dia saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Jumat lalu (12/2).

(Baca: Momentum Indonesia Borong Minyak)

Pertamina nantinya akan menyewa tangki milik Chevron yang ada di Dumai, Riau, karena dianggap sesuai dengan kebutuhan minyak Pertamina. Apalagi, kapasitas tangki tersebut sangat besar dan jumlahnya banyak. Namun, Wianda belum mau menyebutkan kapasitas tangki yang akan disewa Pertamina. Alasannya, proses negosiasi masih berjalan dan Pertamina harus mendapat izin dari Satuan Kerja Khusus Pelasana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) selaku pengawas.

Dikutip dari situs resmi Chevron, minyak mentah dari sejumlah lapangan Chevron di Sumatera diangkut ke Dumai melalui sistem jaringan pipa sepanjang 600 kilometer. Lalu, ditampung di tangki-tangki berkapasitas total 5,1 juta barel.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...