Jonan Lantik Satu Anggota DEN dan 23 Pejabat di Kementerian ESDM

"DEN ini sebenarnya diharapkan banyak masukan kebijakan yang digunakan Kepala Negara dan kepala pemerintahan untuk mewujudkan kebijakan energi mulai sekarang dan ke depan," ujar Jonan.
Anggita Rezki Amelia
Oleh Anggita Rezki Amelia
29 Agustus 2017, 19:11
Jonan ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melantik anggota Dewan Energi Nasional yang baru, yakni Pudji Untoro. Pudji merupakan pengganti Andang Bachtiar yang mundur dari jabatannya sebagai anggota DEN. 

Dalam proses pelantikan tersebut, Jonan berpesan kepada Pudji agar menjadikan DEN lebih baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. Terutama dapat memberi masukan kepada Presiden Joko Widodo sebagai Ketua.

(Baca: Tiga Terobosan DEN Percepat Target Energi Terbarukan)

"DEN ini sebenarnya diharapkan banyak masukan kebijakan yang digunakan Kepala Negara dan kepala pemerintahan untuk mewujudkan kebijakan energi mulai sekarang dan ke depan," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (28/7).

Jonan meminta kepada setiap anggota DEN agar dapat memberikan masukan yang masuk akal dan dapat dilaksanakan terkait sektor energi. Ini karena setiap kebijakan menyangkut seluruh komponen bangsa dan negara.

Di sisi lain, Jonan mengucapkan terima kasih kepada Andang Bachtiar.  " Saya juga menyampaikan terima kasih atas nama Pemerintah dan atas nama Presiden kepada Andang Bachtiar untuk segala pengabdiannya selama ini," ujar  Jonan.

(Baca: Cerita di Balik Mundurnya Anggota Dewan Energi yang Diketuai Jokowi)

Pudji Untoro tercatat pernah berada di Badan Tenaga Nuklir Nasional dan Sure Indonesia pada Oktober 2010-Desember 2012. Ia merupakan lulusan Universitas Indonesia pada tahun 1982 pada Jurusan instrumentasi fisika. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Peneliti Pusat Inovasi dan Sertifikasi Universitas Surya.

Selain melantik Pudji, Jonan juga melantik 9 pejabat administrator, 6 pejabat pengawas, dan 7 pejabat fungsional di lingkungan Kementerian ESDM.  Jonan meminta kepada seluruh pejabat yang dilantik agar bekerja sesuai tupoksi dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. 

Menteri ESDM juga meyampaikan ucapan kepada Pengamat Gunung Api yang naik jabatan. Ia berjanji akan kembali mengunjungi pos pengamatan gunung api, karena Pengamat Gunung Api merupakan bagian penting bagi keselamatan masyarakat banyak.

(Baca: Perombakan Ketiga, Jonan Ganti Sekjen Dewan Energi Nasional)

“Pengamat gunungapi ini merupakan unsur yang penting dan menjadi tanggung jawab saya, saya pasti akan perhatikan," ujar Jonan.

Video Pilihan

Artikel Terkait