Buka Usaha Kepelabuhan Minimal Punya Modal Rp 25 Miliar

Sebelumnya pengusaha tidak perlu mencantumkan modal minimum tersebut
Image title
Oleh
11 Februari 2015, 10:17
Pelabuhan-Tanjung-Priok-Katadata-Donang.jpg
KATADATA/

KATADATA ? Kementerian Perhubungan memperketat izin badan usaha pelabuhan. Setiap pebisnis yang akan berusaha di sektor kepelabuhan diharuskan memiliki modal minimum sebesar Rp 25 miliar. Sebelumnya, pengusaha tidak perlu mencantumkan modal minimum tersebut.

Direktur Pengerukan dan Pelabuhan Kementerian Perhubungan Adolf R. Tambunan mengatakan, kebijakan itu akan dicantumkan dalam Rancangan Peraturan Menteri (RPM) yang saat ini tengah disusun.

Seperti dikutip Bisnis Indonesia, Rabu (11/2), setiap pelaku usaha yang ingin mengajukan izin badan usaha pelabuhan (BUP) diwajibkan memiliki kecukupan modal yang tertera dalam akta perusahaan. Ada dua klaster kecukupan modal, yakni untuk pelabuhan kelas pengumpan mewajibkan kecukupan modal minimal Rp 25 miliar. Sedangkan bagi pelabuhan kelas utama dan pengumpul minimal Rp 100 miliar. 

Advertisement
Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait