IHSG Berpeluang Menguat Terbatas

Bursa regional menguat danPartai Demokrat berpeluang masuk koalisi Jokowi
Image title
Oleh
20 Agustus 2014, 10:12
IHSG
Arief Kamaludin|KATADATA
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Riset perusahaan sekuritas memprediksi laju IHSG akan bergerak datar dan menguat terbatas hari ini (20/8). Sentimen positif dari bursa regional dan kemungkinan bergabungnya Partai Demokrat dalam koalisi Jokowi, memberi peluang Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini menguat. Meski demikian, pelaku pasar masih berjaga-jaga menunggu hasil putusan sidang pilpres oleh Mahkamah Konstitusi (MK), besok (21/8). 

Samuel Sekuritas dalam risetnya hari ini menyebut data perumahan di Amerika Serikat yang membaik, membawa bursa negara tersebut ditutup menguat 0,5 persen pada perdagangan kemarin. Penguatan tersebut berimbas terhadap EIDO yang ditutup menguat 0,21 persen, selain juga akibat pengaruh penguatan IHSG kemarin.

Bursa Asia pagi ini dibuka menguat tipis, merespons membaiknya data perumahan AS. Dari dalam negeri, pasar bisa terpengaruh rencana Mahkamah Konstitusi yang  akan mengumumkan keputusan hasil sidang pemilihan presiden 2014, pada Kamis besok.

Sementara Jokowi menyatakan terdapat kemungkinan Partai Demokrat bergabung dengan koalisi yang menjadikan suara di Parlemen menjadi 47,9 persen. Kedepan pasar akan merespon positif apabila koalisi di Parlemen yang dibangung Jokowi tidak terlalu besar atau hanya sedikit di atas 50 persen.

?Merespons bursa regional yang hanya menguat tipis dan juga antisipasi pasar akan pengumuman MK besok, kami perkirakan bursa IHSG cenderung  flat hari ini,? tulis Samuel Sekuritas dalam risetnya hari ini.

Kepala Riset Trust Securities mengatakan positifnya laju bursa saham AS dan Eropa yang berimbas pada laju bursa saham Asia. Penguatan bursa Asia juga seiring penilaian berkurangnya potensi ketegangan di wilayah perbatasan Rusia dan Ukraina.

Hal ini memberikan peluang IHSG akan mampu melanjutkan penguatan, meski relatif terbatas. Reza memprediksi laju IHSG hari ini akan berada pada rentang support 5.148-5.156 dan resisten 5.173-5.188.

Sementara riset KDB Daewoo Securities Indonesia menyebut hampir semua indeks market regional mengalami kenaikan pada perdagangan kemarin. Bursa Korea Selatan Kospi menguat 0,88 persen pada level 2.071 , bursa Australia ASX200 menguat 0,66 persen pada level 5.623 dan bursa Hongkong HSI menguat 0,67 persen ditutup pada level 25.122.

?Sentiment positif ini berpeluang berlanjut pada perdagangan hari ini,? tulis KDB Daewoo Securities dalam risetnya hari ini.

Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait