Top News: Gaji ke-13 PNS Segera Cair, Pendiri Grab Mundur

Aryo Widhy Wicaksono
27 Mei 2023, 06:30
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/tom.
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pemerintah berencana mencairkan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) mulai 5 Juni 2023 mendatang. Aparatur pemerintah akan menerima jumlah yang sama dengan tunjangan hari raya (THR) pada Idul Fitri 2023.

Nilai yang diberikan mencakup gaji atau pensiunan pokok, tunjangan melekat, dan 50% tunjangan kinerja bagi yang berhak menerima tukin.

Advertisement

Rencana pemerintah untuk mencairkan gaji ke-13 kepada PNS ini menjadi salah satu artikel terpopuler atau top news Katadata.co.id pada Jumat (26/5).

Selain berita tersebut, simak juga artikel mengenai pendiri Grab yang mundur dari perusahaan, serta KAI yang memodifikasi kursi kelas ekonomi bak kelas eksekutif.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Kemenkeu: Gaji ke-13 PNS Cair Mulai 5 Juni

Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan, Tri Budhianto, mengatakan satuan kerja atau satker pemerintah pusat sudah bisa mengajukan surat perintah membayar (SPM) mulai 5 Juni.

Pencairan bisa dilakukan pada hari yang sama sepanjang persyaratannya lengkap. "Batas akhir pencairannya tidak ada," kata Tri saat dikonfirmasi Katadata.co.id, Jumat (26/5).

Besaran gaji ke-13 akan sama dengan THR 2023, oleh karena itu, menurut Tri, anggaran yang tersedia untuk gaji ke-13 ini relatif masih sama dengan pembayaran THR. Jika terdapat perbedaan, jumlahnya tidak akan terlalu besar, dan penyebabnya adalah faktor perubahan jumlah pegawai yang menerima.

Kementerian Keuangan sebelumnya mengalokasikan anggaran Rp 38,9 triliun untuk pencairan THR lalu. Jumlah ini terdiri atas anggaran yang dialokasikan melalui Kementerian dan Lembaga (K/L), untuk THR ASN pusat sebesar Rp 11,7 triliun, Dana Alokasi Umum (DAU) untuk ASN di daerah sebesar Rp 17,4 triliun, serta Bendahara Umum Negara (BUN) untuk pensiunan sebesar Rp 9,8 triliun.

2. Produk Indihome dan Telkomsel Rilis Agustus, Target 5 Juta Pelanggan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan nama untuk produk baru hasil gabungan antara Indihome dan Telkomsel, yang rencananya meluncur pada Agustus mendatang. Induk usaha menargetkan pencapaian 5 juta pelanggan, dalam lima tahun pertama pelaksanaan bisnis Fixed Mobile Convergence (FMC) ini.

FMC adalah sebuah konsep yang menggabungkan jaringan mobile dan fixed broadband. Dengan menggunakan FMC, pengguna dapat menikmati layanan internet secara terus-menerus, kapan pun dan di mana pun mereka berada.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, mengatakan pencapaian target 5 juta pelanggan dilakukan dengan penyilangan penjualan atau cross selling, baik untuk pengguna Indihome maupun pengguna Telkomsel.

Menurut dia, pemasaran yang dilakukan tidak akan masif karena akan menggunakan skema one on one selling dengan sasaran utamanya adalah pengguna keluarga.

3. Pendiri Grab Undur Diri Akhir Tahun Ini, Berikut Profilnya

Salah satu founder Grab, Tan Hooi Ling, dikabarkan berencana mengundurkan diri dari jabatan operasional di perusahaan ride hailing tersebut, pada akhir tahun.

Manajemen Grab menjelaskan, Hooi Ling yang turut mendirikan Grab bersama CEO Anthony Tan pada 2012, akan bertransisi menjadi penasihat. “Rencana suksesinya telah ada untuk sementara waktu,” kata Hooi Ling dalam memo internal kepada karyawan dikutip dari Reuters, Kamis (25/5).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement