Pengaruh Agya dan Ayla Bagi Saham Astra

Penulis:

Editor:

11/9/2013, 00.00 WIB

PT Astra International Tbk ASII melalui dua anak perusahaannya yakni PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor kembali meluncurkan produk kendaraan kembar yakni Agya dan Ayla Mobil hemat energi dan ramah lingkungan tersebut d

3051.jpg
Arief Kamaludin | KATADATA
KATADATA | Bernard Chaniago

KATADATA ? PT Astra International Tbk (ASII), melalui dua anak perusahaannya yakni PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor, kembali meluncurkan produk kendaraan kembar, yakni Agya dan Ayla. Mobil hemat energi dan ramah lingkungan tersebut diluncurkan pada Senin (9/9) lalu.

Ini merupakan produk kembar ketiga setelah Avanza-Xenia yang diluncurkan pada akhir 2003 dan Rush-Terios yang diluncurkan pada akhir 2006. Tapi bagaimana dampak peluncuran Agya dan Ayla terhadap kinerja saham Astra?

Jika dilihat secara historis, saat Avanza-Xenia, Rush-Terios, serta All New Avanza-All New Xenia diluncurkan, harga saham Astra menunjukkan kenaikan. Ini seperti terlihat dalam grafik di bawah yang membandingkan harga saham setahun sebelum dan sesudah produk-produk kembar tersebut diluncurkan.

Namun perlu diperhatikan ketika ketiga produk tersebut diluncurkan, kondisi pasar finansial Indonesia tengah dalam kondisi yang stabil dan cenderung untuk naik. Perlu dipertimbangkan pula Astra juga meluncurkan produk-produk kendaraan lain, seperti sepeda motor dan truk, serta melakukan investasi lainnya dalam periode tersebut.

Situasi ini berbeda ketika Agya dan Ayla diluncurkan. Indeks sempat merosot hingga 14 persen dalam sepekan pada 12-27 Agustus lalu. Meski sekarang sudah ada tren penguatan, namun kondisinya masih labil. Indeks masih mungkin kembali melemah.

Dalam investasi, tentunya kinerja di masa lalu tidak menjamin hasil yang akan datang.

Reporter: Aria W. Yudhistira

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan