Menteri ESDM Akan Lelang Jabatan Dirjen

Image title
Oleh
11 November 2014, 14:13
ESDM KATADATA | Arief Kamaludin
ESDM KATADATA | Arief Kamaludin
Menteri ESDM akan melelang jabatan pejabat eselon I atau setingkat Dirjen dan Kepala Badan di lingkungan kementeriannya.

KATADATA ? Setelah Kementerian Keuangan yang berencana melelang jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, kini giliran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan hal serupa.

Menteri ESDM Sudirman Said mengaku akan melelang jabatan pejabat eselon I atau setingkat Dirjen dan Kepala Badan di lingkungan kementeriannya. Hal ini bertujuan untuk menempatkan orang-orang terbaik dan profesional di bidangnya. (Baca: Dinilai Berkinerja Buruk, Dirjen Migas Dilengserkan)

Pagi tadi, Sudirman menggelar rapat pimpinan dengan pejabat Eselon I. Setelah rapat, kemudian dilanjutkan dengan bertatap muka bersama para pegawai Direktorat Jenderal Minyak dan Gas di Gedung Plaza Centris.

?Tadi sempat muncul ide dari beberapa (pejabat) eselon I, kenapa tidak dilakukan lelang jabatan dan saya kira itu baik,? ujar Sudirman dalam keterangannya di laman resmi Kementerian ESDM, Selasa (11/11).

Sudirman mengaku ingin terus melakukan penyegaran organisasi di berbagai tingkatan, tidak hanya di tingkat eselon I.  Penyegaran ini akan diatur dengan cara yang baik, salah satunya berdasarkan usulan dari beberapa pejabat tersebut.

Menurut dia, mekanisme lelang jabatan memiliki sisi positif memberikan rasa tanggung jawab (sense of responbility) terhadap pejabat tersebut. Tidak hanya sebatas kesanggupan menjalankan tugas, tetapi juga kemampuan melaksanakan tanggung jawabnya. (Baca: Menteri ESDM Siapkan Lima Calon Kepala SKK Migas)

Mekanisme lelang jabatan ini masih akan dikaji oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM beserta timnya. Diharapkan dalam waktu 2 bulan, mekanisme lelang ini sudah dapat diselesaikan.

?Mudah-mudahan sebelum akhir tahun kami sudah punya organisasi yang lebih segar,? kata Sudirman.

Sudirman menegaskan, dalam lelang jabatan di kementeriannya ini, tidak menempatkan orang-orang dari luar unit-unit tersebut. Sebaliknya, calon pejabat yang ikut lelang tersebut berasal dari dalam. Karena dia merasa banyak yang berkompeten. (Baca: Publik Bisa Ikut Menyeleksi Dirjen Pajak Baru)

Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...