Tak Berfungsi Lagi, Pertamina Bubarkan Petral

Safrezi Fitra
13 Mei 2015, 16:22
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) akhirnya membubarkan Pertamina Energy Trading Limited (Petral) dan seluruh anak usahanya Pertamina Energy Services Pte (PES) dan Zambesi Investment Ltd. Alasannya, Petral sudah dianggap tidak berfungsi lagi, setelah tugasnya dialihkan kepada Integrated Supply Chain (ISC) Januari 2015.

"Kami melaporkan kepada pemegang saham Pertamina untuk memulai proses penghentian kegiatan Petral dan melikuidasi petral dan grupnya, dan selanjutnya melikuidasi perusahaan yang ada di dalam grup tersebut," kata Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto di Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jakarta, Rabu (12/5). 

(Baca: Pertamina Siapkan Perusahaan Trading Pengganti Petral)

Untuk membubarkan Petral, perlu adanya uji tuntas dari aspek hukum dan keuangan. Total aset Petral termasuk anak usahanya cukup besar, yakni sekitar US$ 2 miliar. Sebagian besar aset tersebut merupakan utang dagang ke Pertamina. Sementara total kas dan setara kas Petral mencapai US$ 300 juta. Ada juga aset kapal senilai US$ 13 juta yang dimiliki Zambesi. 

Pembubaran Grup Petral merupakan permintaan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pemegang saham dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Keputusan ini berdasarkan hasil rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas beberapa bulan lalu.

(Baca: Inilah 14 Temuan Mencurigakan Tentang Petral)

Nantinya tugas dan fungsi yang selama ini dijalankan oleh Petral terutama kegiatan ekspor dan impor minyak sepenuhnya dijalankan oleh ISC. Sementara hal-hal yang terkait dengan kontrak dan kewajiban Petral, akan langsung diambil alih Pertamina.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...