ConocoPhillips dan Adaro Siap Pasok Bahan Bakar Pembangkit Listrik

Aria W. Yudhistira
9 Juni 2015, 16:47
Katadata
KATADATA
ConocoPhillips siap memasok bahan bakar untuk proyek pembangkit listrik 35 GW.

KATADATA ? Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) ConocoPhillips Indonesia dan perusahaan batubara PT Adaro Energy Tbk siap menyuplai pasokan bahan bakar proyek pembangkit listrik 35 giga watt (GW).

VP Commercial ConocoPhillips Indonesia Taufik Ahmad mengatakan, banyak kendala yang dihadapi perusahaan migas untuk bisa memasok kebutuhan untuk industri di dalam negeri. Salah satunya adalah perizinan yang masih berbelit. 

Dia meminta pemerintah memotong birokrasi perizinan di sektor migas tersebut. Persoalannya, alur distribusi migas di Indonesia tergolong paling lama dibandingkan negara lain, yakni mencapai 15 tahun untuk membawa gas dari tambang ke pengguna akhir. Itu pun belum termasuk periode eksplorasi yang memakan waktu 5 tahun-7 tahun.

?Jadi total butuh 22 tahun untuk sampai ke konsumen akhir, seperti PLN,? kata Taufik  dalam acara ?Indonesia Green Infrastructure Summit 2015? di Jakarta, Selasa (9/6).

(Baca Ekonografik: 18 Izin Migas di ESDM Paling Dikeluhkan)

Padahal, lanjut dia, kontrak bagi hasil atau production sharing contract (PSC) yang berlaku di Indonesia hanya 30 tahun. Belum lagi, waktu yang dibutuhkan untuk perpanjangan kontrak berkisar 24 bulan-26 bulan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...