Impor BBM Akan Naik Menjelang Puasa dan Lebaran

Safrezi Fitra
16 Juni 2015, 18:20
Katadata
KATADATA

KATADATA ? Nilai impor Indonesia akan tambah membengkak bulan ini. PT Pertamina (Persero) menambah kegiatan impor bahan bakar minyak (BBM) selama puasa dan hari raya Idul Fitri. Penambahan impor ini dilakukan untuk menjaga jumlah pasokan BBM untuk kebutuhan pada periode tersebut.

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan penambahan impor ini berbeda-beda pada setiap jenis BBM. Kisarannya mulai dari 10 persen hingga tiga kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Impor BBM jenis Premium ditambah dari 8 juta barel per hari menjadi 9 juta barel per hari pada bulan ini. Bulan depan impornya kembali ditambah menjadi 10 juta barel per hari. Impor Pertamax juga ditambah dari 500.000 barel per hari menjadi 2,5 juta barel per hari.

Pertamina juga akan meningkatkan impor Elpiji untuk menjaga pasokan selama puasa dan lebaran. Impor yang tadinya hanya untuk 13 hari ditingkatkan menjadi 16 hari. "(impor Elpiji) menambah dua kapal besar untuk meningkatkan stok," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/6).

(Baca: Pasokan BBM Selama Lebaran Ditambah)

Penambahan impor ini didasarkan pada prediksi adanya peningkatan konsumsi selama periode puasa dan lebaran. Pertamina memperkirakan konsumsi Premium akan meningkat 17,8 persen, dari 76.258 kiloliter menjadi 89.817 kiloliter.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...